Washington (ANTARA News) - Pemerintahan Barack Obama mengatakan pada Rabu bahwa Amerika Serikat akan mengirim duta besarnya di Tokyo ke upacara pekan depan untuk menandai pemboman Hiroshima, pertama kali seorang duta besar AS akan menghadiri acara itu.

"Duta Besar John Roos akan mewakili AS di Hiroshima Peace Memorial pada 6 Agustus untuk memberikan penghormatan pada semua korban Perang Dunia II," kata juru bicara Deplu AS Philip Crowley kepada wartawan, sebagaimana dikutip dari AFP.

Ia menambahkan, Roos adalah duta besar pertama AS yang akan menghadiri upacara itu. Tapi ia tidak dapat mengkonfirmasi dengan segera apakah Roos adalah pejabat AS berpangkat paling tinggi atau satu-satunya pejabat AS yang sejauh ini akan ikut upacara itu.

Roos dijadwalkan akan meletakkan karangan bunga di Hiroshima Peace Memorial pada 6 Agustus, ulang tahun ke-65 pemboman Perang Dunia II yang telah memaksa penyerahan diri Jepang, kata laporan tersebut.

Jepang adalah satu-satunya negara yang pernah diserang dengan bom atom.

Lebih dari 140.000 orang tewas seketika di Hiroshima atau tewas dalam beberapa hari dan beberapa pekan setelah serangan AS. Tiga hari kemudian sebuah pesawat AS menjatuhkan bom atom kedua di Nagasaki, yang menewaskan lebih dari 70.000 orang.
(S008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010