Jakarta (ANTARA News) - Penulis dan sutradara film berjudul "Gus Dur", Damien Dematra, sedang mencari orang yang akan memerankan sosok tokoh pluralisme itu.

"Bagi masyarakat yang berminat untuk ambil bagian dalam pemeran tokoh Gus Dur dapat bergabung di grup FB Casting Damien Dematra Production," kata Dematra, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, di Jakarta, Rabu.

Damien mencari sejumlah orang yang pas untuk memerankan sosok Gus Dur dalam beberapa usia.

Semula "Gus Dur The Movie" akan diluncurkan dalam rangka ulang tahun ke-70 Gus Dur, 4 Agustus 2010.

Tapi, Dematra melibatkan Ibu Sinta Nuriyah Wahid dalam proses pembuatan film itu, maka dibutuhkan waktu persiapan yang lebih lama berhubung mantan ibu negara itu baru saja menyelesaikan masa idah pada beberapa bulan yang lalu.

Sekarang persiapan skenario yang sebelumnya sudah selesai ditulis pada September 2009 dan sempat dikonsultasikan dengan Gus Dur tentang isinya, telah direvisi untuk disesuaikan dengan perkembangan terakhir dan hampir rampung di tangan Ibu Shinta.

Skenario film ini sudah diangkat oleh penulis dalam bentuk novel berjudul "Sejuta Hari untuk Gus Dur" yang diterbitkan enam hari setelah wafatnya mantan presiden itu.

Diharapkan film tersebut dapat segera diproduksi dan semoga bisa diputar bersamaan dengan Haul Gus Dur pada Desember 2010.
(T.A025/S018/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010