Jakarta (ANTARA) - Berita-berita tentang kebijakan pelarangan mudik Lebaran masih menjadi tulisan terpopuler di kanal ekonomi Antaranews.com sepanjang Minggu (9/5/2021). Terbaru, pergerakan kendaraan dan penumpang menurun signifikan dengan angkutan logistik tetap berjalan stabil selama penerapan aturan tersebut.

Sementara itu, kegiatan patroli laut berhasil menggagalkan rombongan warga yang nekat mudik secara tersembunyi melalui jalur laut di perairan Teluk Jakarta. Berikut rangkuman berita selengkapnya:


Transportasi penumpang turun dan angkutan logistik stabil

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengendalian transportasi pada sektor udara, kereta api dan sektor laut dapat dikendalikan dengan baik selama penerapan kebijakan pelarangan mudik Lebaran 2021.

“Di sektor udara turun hingga 93 persen, sektor kereta api turun hingga 90 persen, dan sektor laut turun hingga 90 persen, artinya upaya peniadaan ini efektif berjalan dengan baik. Sementara itu angkutan logistik berjalan stabil seperti biasa,” kata Budi Karya Sumadi.

Lantas bagaimana detail angka penurunan tersebut? Simak beritanya di sini.


Penarikan uang tunai di Kepulauan Riau meningkat tanda ekonomi membaik

Kepala Bank Indonesia Kepulauan Riau Musni Hardi mengatakan penarikan uang tunai periode Ramadhan-Idul Fitri tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebagai tanda ekonomi daerah setempat membaik.

Dia mengungkapkan realisasi penarikan uang tunai periode Ramadhan-Idul Fitri hingga 7 Mei 2021 telah mencapai 85,7 persen atau sebesar Rp1,44 triliun, lebih tinggi dari realisasi penarikan uang tunai tahun 2020 sebesar Rp1,17 triliun.

Berapa banyak uang tunai yang disediakan di Kepulauan Riau? Simak beritanya di sini.


Patroli laut Kementerian Perhubungan gagalkan pemudik dari Jakarta

Kegiatan patroli laut yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menggagalkan rombongan warga yang nekat mudik secara tersembunyi melalui jalur laut di perairan Teluk Jakarta.

Saat patroli berlangsung para petugas mendapati sekelompok warga yang melakukan upaya mudik menggunakan kapal tradisional atau service boat dari Teluk Jakarta menuju daerah-daerah di Pantai Utara Jawa, seperti Cirebon dan sekitarnya.

Seperti apa aksi menggagalkan perjalanan mudik warga melalui jalur laut? Anda dapat membaca beritanya di sini.


Transformasi digital tingkatkan potensi ekonomi di tengah pandemi

Perusahaan digital terintegrasi PT Sinergi Solusi Digital Tbk atau Surge mempersiapkan sejumlah konsep berbasis solusi wirausaha untuk mengoptimalkan percepatan adopsi penggunaan internet sekaligus mendukung transformasi digital di Indonesia.

Tahun 2021, Surge fokus pada pembangunan jaringan fiber optik yang berkualitas dan berkapasitas besar di sepanjang jalur rel kereta milik PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa, yang dapat membantu proses fiberisasi bagi operator-operator telekomunikasi dengan penerapan teknologi baik 4G maupun 5G pada waktu dekat.

Simak informasinya di sini.


KKP melepasliarkan puluhan ribu benih lobster di Banyuwangi

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar melepasliarkan 21.000 benih bening lobster hasil sitaan di Kawasan Konservasi Perairan Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kegiatan pelepasliaran benih lobster dilakukan dalam kawasan konservasi perairan setempat mengingat lokasi benih lobster ini berada di wilayah Banyuwangi serta mempertimbangan agar benih lobster tidak stres dan mati jika dilepasliarkan secepatnya di alam liar.

Penjelasan selengkapnya tentang pelepasliaran puluhan ribu benih lobster sitaan dapat Anda baca di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021