Jakarta (ANTARA News) Mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Cipinang, Jl. Raya Bekasi Timur, Jatinegara, Jakarta, pada Kamis sore.

Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Ihsan Pradinata membenarkan bahwa Chamsyah telah masuk ke Rutan Cipinang Kamis sore. Namun, dirinya enggan berbicara banyak mengenai hal itu karena kepala Rutan yang berwenang untuk menjelaskan.

"Kalau ingin konfirmasi mengenai Pak Bachtiar, besok saja tanya kepada Kalapas (Kepala Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan) karena saya tidak berwenang memberikan keterangan," kata Ihsan.

Bachtiar tiba di Rutan Cipinang dengan didampingi empat penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bachtiar datang ke Rutan dengan mobil Kijang Silver bernomor polisi plat merah B 2040 BQ.Mantan Mensos itu masuk ke Rutan mengenakan pakaian batik dan jas.

Keempat penyidik yang mendampingi Bachtiar ke Rutan Cipinang mengendarai mobil Kijang Silver dengan nomor polisi plat merah B 2041 BQ.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah terkait kasus pengadaan sapi impor, mesin jahit, dan sarung di Departemen Sosial (Depsos) dalam kurun waktu 2004 hingga 2006.

"Penahanan dilakukan sekitar pukul 16.30 WIB sore tadi. Sekarang (mantan Mensos) ada di LP Cipinang," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Bachtiar akan ditahan selama 20 hari di LP Cipinang, sementara KPK akan mulai melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi maupun Bachtiar sendiri.
(ANT223/A033)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010