Satgas Pangan Jatim pastikan harga stabil jelang Idul Fitri

Satgas Pangan Jatim pastikan harga stabil jelang Idul Fitri

Satgas Pangan Jawa Timur saat memantau harga di Asar Tambakrejo Surabaya, Selasa (12/5/2021). ANTARA Jatim/HO-Polda Jatim/WI

Dari pantauan kami, harga kebutuhan pokok di Kota Surabaya menjelang Idul Fitri masih stabil
Surabaya (ANTARA) - Satgas Pangan Jawa Timur memastikan harga kebutuhan bahan pokok di wilayah setempat masih stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Dari pantauan kami, harga kebutuhan pokok di Kota Surabaya menjelang Idul Fitri masih stabil," ujar Kepala Satgas Pangan Jawa Timur Kombes Pol Farman saat melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Tambakrejo Surabaya, Selasa.

Perwira menengah yang juga Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jatim itu mengatakan inspeksi ke pasar adalah upaya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok di wilayah setempat.

Selain itu, dari kegiatan tersebut Kombes Farman menyatakan stok kebutuhan pokok saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah aman.

Baca juga: Satgas Pangan: Penimbun bahan pokok didenda Rp50 miliar

Baca juga: Anggota DPR ingin Satgas Pangan lebih aktif dalam pengawasan


"Stok masih mencukupi dan harga terpantau dalam keadaan stabil, kecuali harga daging sapi dan minyak goreng sedikit mengalami kenaikan karena banyaknya permintaan menjelang Idul Fitri," ucap-nya.

Dari inspeksi mendadak yang dilakukan Satgas Pangan, harga cabai rawit berkisar antara Rp52 ribu hingga Rp55 ribu per kilogram.

Harga cabai keriting yang terendah adalah Rp30 ribu per kilogram, sedangkan yang tertinggi adalah Rp35 ribu per kilogram.

Harga cabai merah nisbi stabil di harga Rp45 ribu per kilogram, sementara untuk harga gula pasir Rp12 ribu per kilogram.

Harga beras terendah adalah Rp10 ribu per kilogram, dan tertinggi Rp12.500 per kilogram.

Untuk harga bawang merah berada di kisaran Rp28 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram, begitu pula harga bawang putih yang berkisar Rp28 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram.

Sedangkan, harga minyak goreng pada kisaran Rp14.500 hingga Rp15.500 per kilogram, harga daging ayam boiler Rp34 ribu hingga Rp36 ribu per kilogram, dan harga daging sapi pada kisaran Rp110 ribu hingga Rp125 ribu per kilogram.

Baca juga: Kementan-Satgas Pangan Jatim pantau harga kedelai di Surabaya

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sidak pasar, Satgas Pangan Jambi dapati daging beku dijual harga tinggi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar