Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan juice (sari buah) dari Thailand, Tipco Food Group (TFG) menargetkan penjualan aneka juice di Indonesia mencapai 20 juta liter untuk beberapa tahun ke depan dengan menggandeng PT Kalbe Farma Tbk dalam pendistribusian produk tersebut, yang dimulai sejak Maret 2010.

"Kami optimis bahwa beberapa tahun ke depan, belasan item juice berlabel 100 persen itu akan menjadi suplemen minuman bagi masyarakat Indonesia, sehingga mampu menyedikan dua puluh juta liter juice setiap tahunnya," kata Chief Executive Officer (CEO)/ Director Tipco, Viwat Limsakdakul menjawab pertanyaan wartawan dari Indonesia, di Bangkok, awal Agustus 2010.

Keoptimisan Viwat akan peningkatan penjualan mencapai 20 juta liter juice Tipco atau setara Rp500 miliar, antara lain didasarkan faktor banyaknya penduduk Indonesia yang menggemari minuman juice yang berguna untuk mencegah beberapa penyakit kronis, serta peningkatan ekonomi penduduk Indonesia dan adanya perdagangan bebas ASEAN dan China (CAFTA).

"Bila nantinya Tipco berhasil menjual 20 juta liter juice di Indonesia, maka kami bekerjasa sama Kalbe Farma akan membangun pabrik juice di Indonesia, yang bahan baku buah akan kami beli dari petani Indonesia dan mempekrjakan karyawan dari Indonesia," katanya.

Ketika ditanya tentang jumlah produk juice yang terjual di Indonesia pada 2009 dan target pada 2010, Viwat tidak bersedia memberikan keteranagn secara rinci, tapi dia menyatakan optimis angka penjualan akan tersebut meningkat terus.

Aneka juice produk Tipco yang dipasarkan Kalbe Farma saat ini masih dalam kemasan 1 liter dengan harga antara Rp25.000, hingga Rp30.000, per kotatk 1 liter. Sebanyak 11 item juice yang diedarkan di Indonesia seperti, juice orange (jeruk), mangga, kiwi, nanas, apel, wortel, lidah buaya, sayuran bayam, brocoli, chery, jambu.

Viwat menjelaskan, Tipco saat memiliki tiga tahapan kebijakan untuk menjual produk ke Indonesia, yaitu pertama dalam bentuk impor langsung barang dari Thailand yang saat ini tengah dilakukan, tahap selanjutnya jika penjualan mencapai jutaan liter juice per tahun, Tipco bersama Kalbe farma akan menyewa pabrik untuk memproduksi di Indonesia.

Tahap ketiga, jika penjualan mencapai 20 juta liter setahun, maka Tipco bekerja sama Kalber Farma akan mendirikan pabrik di Indonesia, yang bahan baku berupa aneka buah dapat didatangkan dari Indonesia dan sejunlah suplier.

Viwat juga mempertimbangkan masukan dari masyarakat yang menginginkan kemasan juice dari Tipco dibuat lebih kecil seperti kemasan kotak 200 ml dan 300 ml, sehingga harganya akan lebih terjangkau dan praktis dibawa atau dapat langsung diminum oleh konsumen.

Data Tipco Food Group (TFG) pada 2009 memiliki nilai penjualan mencapai 4.457 juta Bath atau setara Rp1,337 triliun, sedang total aset mencapai 4.670 juta Bath atau setara Rp1,391 triliun, dan jumlah karyawan mencapai 3.853 orang.



Pasar Indonesia

Sebelumnya, Direktur PT Kalbe Farma, Vidjongtius menyatakan optimis minuman kesehatan produk Tipco akan diterima masyarakat kelas menengah di perkotaan di Indonesia. Kalbe kini memilki 65 perwakilan dari Aceh hingga Papua dan didukung 5000 karyawan akan dapat mendistribusikan produk yang harga Rp25 ribu- Rp30 ribu per liternya.

Pada tahap awal, target pemasaran minuman kesehatan dari itu diprediksikan mencapai omset belasan miliar rupiah. "Kami berharap produk minuman memilki pangsa pasar antara 10-15 persen untuk sektor minuman kesehatan di Indonesia," katanya.

Vidjongtius mengatakan, ke depan kerja sama dengan Tipco tidak hanya dalam pemasaran, tapai ditingkatan dalam hal kerjasama patungan yang bisa memberikan nilai tambah bagi petani di Indonesia, seperti bahan baku untuk produk minuman kesehatan dapat berasal dari sayuran dan buah-buahan di Indonesia.

Sementara itu, Branch Manager Kalbe Farma Ratna Anggraeni mengatakan bahwa juice produk Tipco telah dipasarkan di 13 kota di Indonesia dan telah mendapatkan apresiasi masyarakat Indonesia memadai.

Juice produk Tipco sebagai suplemen mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, guna menjaga kesehatan, mencegah sejumlah penyakit, memperlambat proses penuaan dan memperbaruhi sel-sel tubuh manusia.

Pada kesempatan terpisah, Vice President Direktur PT Kalbe Farma Apik Ibrahim mengatakan, Kalbe sangat mendukung semakin berkembangnya gaya hidup sehat di masyarakat perkotaan yang sejalan dengan visi "The Scientific Pursuit of Health for a Better Life".

Dia menyatakan optimis, kendati bisinis minuman kesehatan masih baru baginya, tapai Kalbe dapat turut berpartisipasi untuk memenuhi kebutuhan adanya produk kemasan alamiah yang bergizi tinggi serta mudah di peroleh di pasaran.

"Dengan bermitra dengan Tipco, kami optimis akan mendapat sambutan masyarakat Indonesia, karena Tipco memiliki kompetensi dan keahliannya yang terbukti tidak saja di Thailand, tapi juga di ASEAN," kata Apik.

Viwat Limsakdakul mengatakan, pihaknya senang dapat bermitra dengan Kalbe, karena merasa yakin bahwa memiliki jaringan distribusi yang luas serta strategi pemasaran Kalbe yang handal akan mendukung kualitas produk Tipco.

"Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan kami gembira dapat menjajaki kemungkinan selanjutnya untuk terus mengembangkan kemitraan menuju kerjasama patungan di kemudian hari," katanya.(*)
(R009/AR09/ART)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010