Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 65 ribu peserta mengikuti kegiatan sepeda santai (fun bike) yang di gelar PT Ultra Jaya, mulai star di Pintu Satu Barat, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu pagi.

Kegiatan ini bertujuan ikut berperan serta dalam usaha melindungi alam dengan meluncurkan sebuah program yang ditujukan untuk meraih sebanyak-banyaknya komitmen dalam menggunakan sepeda sekali seminggu, sehingga terjadi pengurangan konsumsi bahan bakar dan mengurangi polusi udara, kata Produk Manager PT Ultrajaya Adi Barnas di Jakarta, Minggu.

"Kami berkomitmen untuk peduli dengan alam, dengan mengajak masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta untuk peduli lingkungan dengan menggunakan sepeda minimal satu kali seminggu, sehingga kota Jakarta bisa mengurangi konsumsi bahan bakar dan polusi udara," katanya.

Ia menjelaskan, pada acara tersebut pihaknya menargetkan sebanyak 50 ribu peserta yang mengikuti fun bike atau sesuai tema "50 ribu sepeda untuk alam", namun setelah di data peserta melampaui target menjadi 65 ribu peserta.

"Ini adalah bukti dari kami untuk masyarakat Jakarta yang begitu antusias mengikuti acara fun bike teh kotak PT Ultrajaya. Begitu pedulinya masyarakat Jakarta dengan mengikuti acara fun bike ini, sehingga masyarakat Jakarta bisa menghirup udara segar dan bebas polusi," katanya.

Ia menambahkan, program ini diluncurkan dalam bentuk sebuah situs internet dan kegiatan ini telah berjalan sebanyak lima kali di lima kota, antara lain di kota Bandung, Medan, Surabaya, Balikpapan, dan terakhir di Jakarta.

"Pada kegiatan sejauh ini di lima kota, para peserta begitu antusias dengan mengikuti fun bike. Setiap kota kami menargetkan peserta sebanyak 50 ribu peserta, dan ternyata di lima kota tersebut semuanya telah melampaui target, yaitu sebanyak 65 ribu peserta," ujarnya.

Selain itu, pihaknya selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dari alam yang selalu mengutamakan penggunaan bahan-bahan alami terbaik, tanpa bahan pengawet dalam membuat produk-produknya.

"PT Ultrajaya bersama teh kotak mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran untuk melindungi lingkungan dan menjaga alam ini untuk memperoleh yang terbaik dari alam.

Pada acara tersebut, 65 ribu peserta fun bike memulai bersepedanya di Pintu Satu Barat, Gelora Bung Karno menuju Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di Pintu Satu Barat kembali. Jarak tempuh para peserta sekitar 15 kilometer.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Abdurrachem, mengatakan kegiatan ini sangat positif bagi masyarakat khususnya masyarakat Jakarta, karena bisa mengurangi polusi dan konsumsi bahan bakar.

"Sepeda kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat Jakarta untuk bertransportasi, ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dengan melampui target sebanyak 65 ribu peserta, dan pemerintah DKI Jakarta akan berencana menyediakan jalur untuk sepeda," ujarnya.

Zaki, peserta fun bike asal Tebet, Jakarta Selatan, mengatakan kegiatan ini sangat berguna bagi masyarakat Jakarta, karena bisa mengurangi polusi dan masyarakat bisa menghirup udara yang bersih.

"Acara ini sangat baik, khususnya untuk masyarakat Jakarta, karena Jakarta yang biasanya macet, sumpek dan banyaknya polusi udara, kini Jakarta bisa bersih, bebas polusi jika masyarakat menggunakan sepeda untuk aktivitasnya sehari-hari," imbuhnya.  (ANT135/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010