Padang (ANTARA) - Guyuran hujan tak menghalangi ribuan orang yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat dan Riau untuk mengikuti gowes atau sepeda santai dalam rangkaian memperingati HUT ke-77 Sumbar.

"Hujan yang tidak berhenti sejak semalam hingga pagi ini tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk memeriahkan HUT Sumbar. Antusiasme ini menjadi penyemangat bagi kami untuk membangun Sumbar ke depan," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Minggu.

Ia mengatakan pemerintah tidak bisa jalan sendiri untuk membangun daerah. Butuh dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat Sumbar agar semua program yang disiapkan bisa berjalan secara maksimal.

Baca juga: Ribuan pesepeda meriahkan Gowes Siti Nurbaya Adventure 2020

Menurutnya, sepeda santai yang digelar adalah salah satu rangkaian peringatan HUT ke-77 Sumbar yang melibatkan masyarakat secara langsung. Kegiatan tersebut, untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan masyarakatnya.

Karena itu, dalam acara yang digelar tersebut, gubernur, wakil gubernur, sekretaris daerah dan sebagian besar kepala organisasi perangkat daerah (OPD) ikut menjadi peserta membaur dengan masyarakat.

Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar Meifrizon menyebut acara yang digelar gratis itu disponsori oleh Bank Nagari dan Bapenda Sumbar.

"Bank Nagari menyediakan 50 unit sepeda dan satu tiket umroh, sementara Bapenda menyediakan satu unit sepeda motor," katanya.

Berbeda dari sistem undian yang biasa, pemenang yang berhak membawa hadiah dalam sepeda santai itu diundi dengan permainan khas daerah, yaitu KIM.

Baca juga: Jusuf Kalla direncanakan hadiri peringatan HUT Ke-77 Sumbar

Baca juga: KKP bakal semarakkan HUT Ke-77 RI di Sumbar


Masing-masing peserta mendapatkan beberapa kertas undian. Dalam kertas undian itu tertera beberapa baris nomor. Penyanyi akan menyanyikan nomor yang dicabut dari kotak undian.

Pemenang adalah orang yang seluruh nomor dalam satu baris dinyanyikan oleh penyanyi.

Salah seorang yang beruntung mendapatkan sepeda, Chendra mengungkapkan keseruan permainan tersebut. Menurutnya, undian dengan bermain KIM lebih menarik ketimbang cabut nomor seperti biasa.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022