Kegiatan ini kami laksanakan secara swadaya dengan jumlah peserta sekitar 2.000 pesepeda yang berasal dari berbagai daerah
Pariaman (ANTARA) - Ribuan pesepada dari ratusan komunitas yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar) Riau, Jambi, dan Sumatera Utara mengikuti sepeda santai Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang di Nagari Sunue Tengah, Kecamatan Nan Sabaris dengan menyusuri ruas jalan di kecamatan itu dan Kota Pariaman.

"Kegiatan ini kami laksanakan secara swadaya dengan jumlah peserta sekitar 2.000 pesepeda yang berasal dari berbagai daerah," kata Ketua Pelaksana Sunua Raya Bike Community Baralek Gadang Zainal di Nan Sabaris, Minggu.

Ia mengatakan, panjang jalur yang dilintasi oleh pesepeda pada kegiatan tersebut sekitar 40 kilometer dengan menyusuri sejumlah jalan di Kecamatan Nan Sabaris dan jalan objek wisata pantai di Kota Pariaman.

Ia menyampaikan, kegiatan tersebut tidak saja untuk mengenalkan daerah kepada masyarakat luas namun juga untuk peningkatan ekonomi pelaku usaha kecil menengah di Padang Pariaman dan promosi pariwisata di Pariaman.

"Alhamdulillah, meski kegiatan ini pertama kali kami laksanakan pesertanya banyak," katanya.

Bahkan, lanjutnya, peserta dari kegiatan tersebut banyak menginap di Pariaman sehingga penginapan di daerah yang berjuluk Kota Tabuik itu penuh pada malam tadi.

"Peserta juga ada yang mendirikan tenda di tepi Pantai Pariaman," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis yang ikut pada kegiatan tersebut mengatakan dirinya mendukung kegiatan itu karena tidak saja untuk promosi wisata daerah namun juga untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi kegiatan tahunan dengan jumlah peserta meningkatkan apalagi jalur yang dilintasi melibatkan dua daerah yaitu Padang Pariaman dan Pariaman.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan mendukung setiap kegiatan positif yang dilaksanakan oleh masyarakat di daerah itu.

Diketahui jalur yang dilalui oleh pesepeda tersebut mulai dari kawasan perkampungan, pesawahan, perkotaan, pantai, Simpang Tabuik Pariaman dan jembatan ikonik Pantai Gandoriah.

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024