H-1 Lebaran, 431.768 kendaraan telah melintasi di Tol Trans Sumatera

H-1 Lebaran, 431.768 kendaraan telah melintasi di Tol Trans Sumatera

Ilustrasi: Kendaraan melintas di jalan tol trans Sumatera Bakauheni-Palembang Kilometer 77 di desa Sababalu, Lampung Selatan, Lampung, Senin (10/5/2021). ANTARA FOTO/Ardiansyah/pras/aa. (ANTARA FOTO/ARDIANSYAH)

Penurunan trafik ini tak lepas dari adanya larangan mudik dari pemerintah yang cukup dipatuhi oleh masyarakat di tahun ini
Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 431.768 kendaraan telah melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada H-1 Lebaran 1442 H.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) kendaraan yang melintas di Tol Trans Sumatera turun 89.266 kendaraan atau sebesar 17,13 persen dibanding sebelum Larangan mudik sebesar 521.034 kendaraan.

“Penurunan trafik ini tak lepas dari adanya larangan mudik dari pemerintah yang cukup dipatuhi oleh masyarakat di tahun ini," ujar Aries dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu

Ruas Tol Trans Sumatera yang turun signifikan jumlah kendaraan yang melintas yakni Tol Pekanbaru – Dumai anjlok 40,39 persen. 

Baca juga: Larangan mudik bakal turunkan lalin Tol ATP, JORR-S dan Trans Sumatera

Baca juga: Jalan Tol Pekanbaru-Dumai tetap beroperasi meski ada larangan mudik

Ia mengatakan hingga Selasa (11/05) tercatat total 519 kendaraan yang diputarbalikan dari 3.840 kendaraan yang diperiksa.

"Kendaraan yang diputarbalikan tersebut dikarenakan kendaraan tersebut tidak dapat menunjukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan hasil negatif COVID-19 berbasis tes RT-PCR maks 3x24 jam/ rapid Antigen maks 2x24 jam/hasil negatif Genose C19," katanya.

Empat titik penyekatan di Tol Trans Sumatera berlokasi di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, GT Simpang Pematang & GT Kayu Agung di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dan GT Dumai di Ruas Pekanbaru – Dumai.

Baca juga: Hutama Karya targetkan 550 km Tol Trans Sumatera bakal rampung 2023

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pengelola Tol Terpeka gelar operasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar