Jakarta (ANTARA) - Inter Milan menghabisi asa AS Roma tampil di Liga Europa musim depan seusai memenangi pertemuan kedua tim dalam rangkaian laga pekan ke-36 Liga Italia, sementara di laga lain Juventus terus menjaga peluang finis empat besar.

Menjamu Roma di Giuseppe Meazza, Milan, Rabu waktu setempat (Kamis WIB), Inter menang dengan skor meyakinkan 3-1 atas tamunya itu, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Marcelo Brozovic membawa Inter memimpin pada menit ke-11 menyelesaikan umpan Matteo Darmian, sebelum Matias Vecino menggandakannya sembilan menit berselang mengakhiri situasi serangan balik Nerrazurri.

Roma sempat membalas melalui Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-31, tetapi upaya mereka bangkit menyamakan kedudukan tak kunjung membuahkan hasil hingga menit-menit akhir.

Baca juga: Atalanta loncat ke peringkat 2, Roma hidupkan asa Europa

Romelo Lukaku justru mengunci kemenangan Inter jadi 3-1 tepat di pengujung waktu normal dengan menceploskan bola ke gawang yang kosong karena kiper Daniel Fuzato terlanjur terpancing berusaha menutup ruang tembak Achraf Hakimi.

Atas hasil itu, Inter yang sudah juara kini mengoleksi 88 poin dan melanjutkan tren nirkalah mereka jadi 20 pertandingan beruntun.

Sedangkan Roma (58) yang tertahan di posisi ketujuh dipastikan tidak akan bisa menembus zona Liga Europa, lantaran di laga lain yang berlangsung bersamaan Lazio (67) menang tipis 1-0 atas tim yang sudah terdegradasi, Parma (20).


Juve terus tempel empat besar

Dalam laga lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Mapei, Juventus menang 3-1 atas tuan rumah Sassuolo demi menempel ketat zona empat besar.

Gol-gol Adrien Rabiot, Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala hanya sempat dibalas sekali oleh Sassuolo lewat Giacomo Raspadori.

Juve memang tak beranjak dari posisi kelima, tetapi raihan 72 poin membuat empat besar tetap dalam jarak kejar karena hanya satu poin jauhnya di atas mereka.

Sedangkan Sassuolo (56), masih berpeluang meraih tiket kualifikasi Liga Conference sebab berada di urutan kedelapan, hanya dua poin persis di bawah Roma.

Baca juga: Gulung Torino 7-0, Milan perkuat peluang empat besar

Di Renato Dall'Ara, Genoa memastikan diri lolos dari ancaman degradasi seusai mempecundangi tuan rumah Bologna 2-0.

Gol jarak jauh Davide Zappacosta yang kemudian disusul eksekusi penalti Gianluca Scamacca membuat Genoa mantap di urutan ke-14 dengan raihan 39 poin atau unggul delapan poin atas zona merah, sehingga mereka tetap bertahan di Serie A musim depan.

Nasib berbeda dialami Spezia yang gagal menjaga keunggulan yang dua kali sempat dimiliki atas Sampdoria tapi berakhir ditahan imbang tuan rumah 2-2 di Luigi Ferraris.

Hasil itu membuat Spezia tak beranjak dari bibir zona degradasi, kendati raihan 35 poin membuat mereka kini punya jarak aman empat poin dari zona merah.

Baca juga: Atalanta balik ke posisi kedua dan kirim Benevento di ambang degradasi
Baca juga: Napoli lompat ke posisi kedua selepas cukur Udinese 5-1
Baca juga: Main nirgol, Cagliari dan Fiorentina belum aman dari ancaman degradasi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021