Liga Inggris

Aston Villa menjegal ambisi Everton tembus zona Liga Europa

Aston Villa menjegal ambisi Everton tembus zona Liga Europa

Penyerang Aston Villa Keinan Davis (kiri) berusaha menggiring bola melewati kawalan gelandang Everton Allan dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Kamis (13/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Carl Recine)

Tambahan satu poin hanya cukup bagi Everton untuk naik ke posisi kedelapan
Jakarta (ANTARA) - Aston Villa menjegal ambisi Everton menembus zona Liga Europa klasemen Liga Inggris, selepas kedua tim main imbang 0-0 dalam laga tunda pekan ke-19 di Stadion Villa Park, Birmingham, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Tambahan satu poin hanya cukup bagi Everton untuk naik ke posisi kedelapan dengan koleksi 56 poin, masih terpaut satu poin dari zona Liga Europa.

Sedangkan Villa (49) tak beranjak dari urutan ke-11, setelah gagal menang pada dua penampilan terakhirnya, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Villa mendikte ritme permainan di awal-awal laga dan seharusnya bisa memimpin pada menit ke-17 saat Tyrone Mings berdiri bebas di muka gawang menyambut umpan silang Douglas Luiz, tetapi sundulannya masih melenceng dari sasaran.

Everton balik mengancam lewat eksekusi tendangan bebas Gylfi Sigurdsson yang berhasil melewati pagar hidup Villa, tetapi bola masih bisa dibaca dan diamankan kiper Emiliano Martinez.

Baca juga: Asa finis empat besar West Ham meredup setelah ditekuk Everton
Baca juga: Aston Villa pecundangi Everton di Goodison Park


Setelah babak pertama berlalu tanpa gol, Everton hampir memecahkan kebuntuan saat babak kedua baru berusia dua menit ketika Dominic Calvert-Lewin menerobos pertahanan Villa, sayang tembakannya masih bisa dimentahkan oleh Martinez.

Jika bola masuk ke gawang sekalipun, gol itu pasti akan dianulir sebab hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside di tepi lapangan.

Everton menekan lagi pada menit ke-52 ketika umpan tendangan bebas Sigurdsson bisa dijangkau oleh Ben Godfrey, tetapi Martinez kembali mampu mengamankan gawangnya.

Tim besutan Carlo Ancelotti terus lebih banyak menciptakan serangan berbahaya dan pada menit ke-77 Richarlison menyodorkan umpan sederhana yang hampir diselesaikan Andre Gomes dari tepian kotak penalti, tetapi Ahmed Elmohamady sigap pasang badan untuk menghalau bola.

Alur pertandingan terus tampak berpihak kepada Everton, dan tiga menit jelang bubaran normal seharusnya bisa memecah kebuntuan jika saja Martinez tidak mendemonstrasikan reaksi gemilangnya untuk mementahkan sundulan berbahaya Calvert-Lewin.

Everton terus menekan dan pada menit kedua injury time Richarlison mengirim umpan tarik berbahaya, tetapi kali ini giliran Mings yang melakukan penyelamatan dengan memotong bola yang siap disontek Calvert-Lewin di area tiang jauh.

Insiden itu berujung tubrukan antara Mings dan Martinez, membuat injury time yang seharusnya hanya tiga menit menjadi molor dua kali lipat.

Beruntun skor nirgol tak berubah hingga bubaran dan Martinez menjadi kiper Villa kedua yang mencatatkan 15 catatan nirbobol dalam semusim setelah Brad Friedel pada 2009/10.

Kedua tim akan kembali merumput pada Minggu (16/5), saat Villa melawat ke Selhurst Park menghadapi Crystal Palace dan Everton menjamu tim juru kunci Sheffield United di Goodison Park.

Baca juga: Suporter MU protes lagi, bus Liverpool sempat dicegat ke Old Trafford
Baca juga: Kevin de Bruyne absen saat City tandang ke Newcastle
Baca juga: Arsenal jadi tim kedua yang kalahkan Chelsea-nya Tuchel musim ini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar