Lahat, Sumsel (ANTARA News) - Menteri Pertanian, Suswono, mengatakan Indonesia menargetkan swasembada kedelai pada 2014, dan salah satunya menjadikan Lahat, Sumatera Selatan, lumbungnya.

Menteri Pertanian mengemukakan hal itu saat melakukan kunjungan kerja dan panen raya kedelai pada Senin di Desa Pagarjati, Kecamatan Kikim Selatan, Lahat.

Menurut dia, selama ini dari semua lokasi penanaman dan pengembangan tanaman kedelai di Indonesia, baru di Lahat yang bisa mencapai hasil panen sangat membanggakan.

Disebutkan, setiap 1 hektare lahan dapat menghasilkan 2,6 ton kedelai, sementara sebelumnya hanya sekitar 1,3 ton saja.

"Kerja keras dan dedikasi semua kalangan, khususnya petani, sangat membanggakan. Hal ini sudah dibuktikan petani di Kabupaten Lahat," kata Suswono.

Ke depan, kata dia, tinggal bagaimana trik dan kiat khusus yang akan dilaksanakan dalam pengelolaan dan pendistribusiannya saja. Bahkan, target 2014--jika hasil positif terus ditunjukkan di lapangan seperti ini--jelas semuanya akan mampu dicapai.

Dikatakan, keberhasilan akan dapat dilakukan dengan peningkatan produktivitas dan pengelolaan tanaman terpadu, perluasan lahan pertanian, serta hingga pengamanan produksi dan penguatan kelembagaan.

"Kemudian ke depan pembiayaan bidang ini akan lebih difokuskan oleh pihak Kementerian Pertanian Indonesia. Namun, harus didukung penuh Pemprov Sumsel dan Pemkab Lahat," katanya.

Dia mengatakan pemprov setempat dan Pemkab Lahat bisa terus mencetak dan membentuk areal-areal penanaman baru sehingga menjadi satu wilayah sentra kedelai baru di Sumsel dan bahkan di tingkat nasional.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin mengatakan Pemprov Sumsel akan sepenuhnya mendukung semua kebijakan pemerintah pusat dan Pemkab Lahat, khususnya yang berhubungan dengan pengembangan dan pembudidayaan kedelai.

"Bukan tidak mungkin akan kami kembangkan menjadi satu wilayah sentra baru di Sumsel, termasuk di Indonesia sekali pun. Kami Sumsel siap mendukung program ini dan Lahat adalah salah satu wilayah memiliki potensi dalam pengembangan dan sudah terbukti hasilnya," kata Gubernur.(*)

(P.PSO-127/D007/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010