Jakarta (ANTARA) - Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski di ambang rekor top skor Liga Jerman sepanjang masa ketika pekan ke-37 bergulir Sabtu malam ini.

Lewandowski saat ini sudah mengumpulkan 39 gol dan hanya butuh satu gol lagi untuk menyamai rekor gol terbanyak dalam semusim yang dimiliki penyerang legendaris Bayern, Gerd Mueller, pada 1971/72.

Bayern, yang sudah menangguk gelar juara liga sepekan lalu, akan melawat ke Stadion Schwarzwald menghadapi SC Freiburg dalam pertandingan yang dijadwalkan sepak mula pukul 20.30 WIB.

Menilik rekam jejak Lewandowski yang membukukan 18 gol dalam 17 pertandingan melawan Freiburg sepanjang kariernya di Jerman, penyerang Polandia itu agaknya bukan cuma berpeluang menyamai rekor Mueller tetapi menguasai rekor itu sendirian.

Baca juga: Bayern lengkapi pesta juara dengan kemenangan 6-0 atas Gladbach

Bersamaan ketika Lewandowski berusaha memecahkan rekor top skor dan Bayern memperpanjang tren nirkalah dalam sembilan pertandingan terakhir kontra Freiburg, enam laga lain akan dilangsungkan.

FC Cologne yang bertandang ke Olympiastadion menghadapi Hertha Berlin bakal berjuang keras meraih tiga poin penuh demi menjaga asa kecil menghindari ancaman degradasi.

Kekalahan tidak serta merta akan membuat Cologne terdegradasi, tetapi itu akan terjadi jika Arminia Bielefeld dan Werder Bremen meraih kemenangan dalam pertandingan lainnya.

Arminia, yang nirmenang dalam dua laga terakhir, bakal menjamu TSG Hoffenheim di SchuecoArena. Sedangkan Bremen yang sudah delapan pertandingan terakhir tak merasakan kemenangan bakal bertandang ke WWK Arena menghadapi FC Augsburg.

Baca juga: Hertha jauhi ancaman degradasi seusai pecundangi Schalke
Baca juga: Frankfurt pelihara asa Liga Champions, Freiburg gulung Cologne

Dalam persaingan empat besar, Eintracht Frankfurt tentu wajib memanfaatkan kesempatan bertandang ke tim juru kunci Schalke 04 di Veltins-Arena agar bisa kembali menembus zona Liga Champions.

Terlebih tiga pesaing Frankfurt, yakni RB Leipzig, VfL Wolfsburg dan Borussia Dortmund baru main sehari berselang.

Hanya saja, Bayer Leverkusen tentu mengharapkan nasib buruk dialami Frankfurt. Sebab Leverkusen berada di posisi keenam dan memburu tiket Liga Europa hanya terpaut enam poin persis di bawah Frankfurt.

Leverkusen akan menjamu Union Berlin di BayArena, dan hasil buruk bagi Leverkusen bakal diharapkan terjadi oleh Borussia Moenchengladbach.

Gladbach berada di posisi ketujuh hanya tertinggal lima poin di bawah Leverkusen dan akan menjamu VfB Stuttgart di Borussia Park.

Kekalahan Leverkusen dan tiga poin kontra Stuttgart bakal menjadi syarat wajib bagi Gladbach jika ingin tampil di Eropa musim depan, walaupun itu hanyalah kompetisi kasta ketiga yang bakal melangsungkan edisi inagurasi tahun depan, Liga Conference.

Baca juga: Hertha jauhi ancaman degradasi seusai pecundangi Schalke
Baca juga: Oliver Kahn sebut Bayern Muenchen tidak sanggup tebus harga Haaland


Berikut jadwal Liga Jerman pekan ke-33 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (15/5) malam
20.30 Hertha Berlin vs FC Cologne
20.30 Schalke 04 vs Eintracht Frankfurt
20.30 FC Augsburg vs Werder Bremen
20.30 Borussia Moenchengladbach vs VfB Stuttgart
20.30 Bayer Leverkusen vs Union Berlin
20.30 SC Freiburg vs Bayern Muenchen
20.30 Arminia Bielefeld vs TSG Hoffenheim

Minggu (16/5) malam s.d. Senin (17/5) dini hari
23.00 FSV Mainz vs Borussia Dortmund
01.30 RB Leipzig vs VfL Wolfsburg

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021