Makassar (ANTARA News) - Dua kapal perang Singapura RSS Tenacious 185 SQN dan RSS Vigour 188 SQN berlabuh di Pelabuhan Hatta Makassar setelah melakukan latihan bersama TNI AL di perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya, Laut Jawa dan Singapura.

Perwira Penerangan Lantamal VI Kapten Imam Danu, di Makasssar, Selasa, mengatakan, kapal perang Singapura akan berada di Pelabuhan Petikemas Soekarno-Hatta Makassar selama tiga hari.

"Kapal Perang Singapura akan berada di Makassar selama tiga hari untuk mengisi logistik," katanya.

Ia mengatakan, kedua kapal perang Singapura RSN (Republic Singapore Navy) dan Kapal Perang Indonesia (KRI) melakukan latihan bersama pertempuran di laut dengan nama Ex-Eagle 21/10. Latihan dipusatkan di perairan alur pelayaran Barat Surabaya, Laut Jawa, dan Selat Singapura.

Selain kegitan bekal ulang logistik, anak buah kapal (ABK) kedua kapal perang Singapura ini juga akan melaksanakan pesiar di Sulsel.

RSS Tenacious dengan Komandan Ltc Chong Keng Shin dan RSS Vigour dengan Komandan Ltc Tung Kong Seng. Mereka disambut pejabat teras Lantamal VI, Atase Pertahanan Singapura, Ltc Tan Bian, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid.

Para tentara angkatan laut Singapura ini disambut Tari Parasanganta (kampung halaman kita) dari Sanggar Mala Birik Makassar.

RSS Tenacious berjenis frigat dengan panjang 114,8 meter, lebar 16 meter, berat kapal 3.200 ton, dan kecepatan 27 knot memuat kru/ABK sebanyak 70 orang.

Sementara RSS Vigour jenis korvet, panjangnya 62 meter, lebar 8,2 meter, berat 600 ton, kecepatan 24 knot, memuat kru/ABK sebanyak 46 orang. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010