Beijing (ANTARA) - Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengirimkan dua armada kapal perang untuk mengikuti latihan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Selat Makassar, Sulawesi Selatan, pada 5-8 Juni.

Komisi Militer Pusat China (CMC) dalam laman resminya pada Selasa menyebutkan bahwa kedua kapal perang PLA itu berjenis kapal kawal perusak rudal Zhanjiang dan fregat Xuchang yang telah tiba di perairan Selat Makassar pada Minggu (4/6).

Kedua kapal tersebut berpartisipasi dalam latihan pencarian dan penyelamatan, intersepsi maritim, pengendalian, foto udara, dan lain-lain di Selat Makassar.

Selain latihan gabungan dengan angkatan laut dari berbagai negara, pasukan AL China akan ambil bagian dalam kegiatan pameran maritim, pelayanan medis untuk warga sipil, program teknis sipil, dan pertukaran pandangan antarpeserta MNEK 2023.

Pasukan AL China juga akan bertukar pandangan tentang militer dan budaya dengan para peserta lainnya untuk meningkatkan saling pengertian, saling percaya, dan kerja sama praktis.

MNEK merupakan latihan non-tempur dengan memprioritaskan kerja sama maritim, penanganan bencana, dan operasi kemanusiaan.

CMC menyambut baik kegiatan dua tahunan yang digelar TNI-AL sejak 2014 itu.

Tahun ini merupakan yang keempat kalinya TNI-AL menyelenggarakan latihan tersebut.

Baca juga: Menhan tingkatkan kerja sama Indonesia dengan China
Baca juga: KBRI Beijing punya Atase Laut

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023