New York (ANTARA News) - Aktris handal Indonesia Christine Hakim muncul di karpet merah di kota New York pada Rabu malam, menghadiri peluncuran perdana film "Eat, Pray, Love" yang turut dibintanginya.

Dengan mengenakan busana khas Bali berwarna merah, Christine melenggang di atas karpet yang dibentangkan di Ziegfield Theater, tempat peluncuran global film berlangsung.

Juga hadir dalam peluncuran perdana itu, tentu saja sang bintang Hollywood yang menjadi pemeran utama "Eat, Pray, Love", Julia Roberts.

Dalam wawancaranya sebelum memasuki gedung pertunjukan film, Christine mengatakan dirinya hadir dengan satu tujuan, yaitu membantu citra positif tentang Indonesia.

Aktris kawakan yang dalam "Eat, Pray, Love" berperan sebagai "Wayan Nuriasih" itu, didampingi oleh Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar.

"Tiga puluh persen dari film ini lokasinya di Indonesia. Mudah-mudahan kehadiran kami datang ke sini juga mempergunakan kesempatan sekecil atau sebesar apapun untuk membantu `image` positif tentang Indonesia," kata Christine kepada ANTARA.

Ketika ditanya bagaimana rasanya beradu akting dengan aktris sekelas Julia Roberts, Christine menuturkan dirinya tidak sempat memikirkan hal itu.

"Saya tidak mau terjebak bahwa saya sedang main dengan Julia Roberts atau bintang Hollywood siapapun. Tidak. Yang saya pikirkan (saat itu, red) adalah bagaimana saya mempersiapkan diri agar bisa konsentrasi penuh untuk siap bekerja sama dengan mereka," kata Christine, yang mengaku hanya punya waktu empat hari untuk mempersiapkan perannya sebagai "Wayan Nuriasih".

Sementara itu, Sapta Nirwandar mengatakan keberadaannya di peluncuran perdana "Eat, Pray, Love" itu merupakan bentuk keinginan pemerintah untuk mendorong industri film di Indonesia lebih maju.

"Misalnya seperti Christine sebagai artis yang main di film Hollywood, sekaligus membuka cakrawala buat para artis dan aktor kita," ujarnya.

Dengan meluncurnya "Eat, Pray, Love" yang sebagian besar pengambilan gambarnya dilakukan di Bali, Sapta juga mengharapkan lebih banyak pembuat film Hollywood di masa depan akan memilih daerah-daerah di Indonesia untuk lokasi `shooting`.

"Kita harapkan mereka bisa `shooting` di berbagai tempat di Indonesia karena kita punya banyak tempat sangat bagus untuk dijadikan tempat `shooting`," katanya.

"Eat, Pray, Love" yang ide ceritanya diambil dari buku dengan judul yang sama, menuturkan kisah nyata perjalanan spiritual sang penulis buku, Elizabeth atau Liz Gilbert (diperankan oleh Julia Roberts) dalam mencari ketenangan dan keseimbangan hidup.

Proses pengambilan gambar yang berlangsung sejak tahun lalu itu dilangsungkan di tiga negara, yaitu Italia (`Eat`), India (`Pray`) dan Indonesia yaitu di Bali (`Love`).

Selain Christine Hakim, pengambilan gambar di Bali juga melibatkan pemain lokal, yaitu Hadi Subiyanto yang berperan sebagai "Ketut Liyer" --yang dikisahkan sebagai pembaca garis tangan.

"Ketut Liyer" merupakan salah satu tokoh kunci dalam alur cerita "Eat, Pray, Love", karena dialah yang membuat Liz Gilbert kembali ke Bali setelah beberapa tahun sebelumnya ia meramal kehidupan Elizabeth di masa depan.

Selain oleh Julia Roberts, film produksi Columbia Pictures dan disutradarai oleh Ryan Murphy itu juga dibintangi antara lain oleh Javier Bardem (berperan sebagai Felipe, kekasih `Liz Gilbert` asal Brazil yang sudah lama tinggal di Bali), Richard Jenkins (sebagai `Richard from Texas`, teman `Liz` satu ashram di India), dan James Franco (sebagai `David Piccolo`, kekasih `Liz` di Italia).
(K-TNY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010