Sydney (ANTARA News/Reuters) - Holger Osieck asal Jerman diangkat menjadi pelatih baru timnas Australia, demikian diumumkan Federasi Sepakbola Australia (FFA) pada Rabu.

Osieck yang pernah menjadi asisten Franz Beckenbauer ketika Jerman Barat memenangi Piala Dunia 1990, menggantikan pelatih asal Belanda Pim Verbeek yang mengosongkan jabatannya setelah putaran final Piala Dunia di Afrika Selatan tahun ini.

Pelatih berusia 60 tahun itu pernah membawa Kanada memenangi Piala Emas pada 2000 dan juga pernah melatih klub Turki Fenerbahce. Terakhir ini dia bekerja di klub Jepang Urawa Reds dan membawa klub itu meraih gelar Liga Champion Asia pada 2007.

Osieck diperkenalkan oleh ketua FFA Frank Lowy dalam sebuah telecast langsung dari Ljubljana, dimana tim Socceroos bertanding melawan Slovenia dalam pertandingan persahabatan pada Rabu.

"Holger memiliki pengalaman panjang dalam mengembangkan sepakbola dan tidak hanya sebagai seorang pelatih tapi juga sebagai seorang guru dan dia akan mengajarkan tentang filosofi kemenangan kepada para pemain," kata Lowy.

Tugas pertama Osieck adalah mempersiapkan tim Soceroos menghadapi kampanye putaranfinal Piala Asia kedua mereka di Qatar pada Januari, dan dia juga diharapkan bisa menata tim untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2014 mendatang.

"Saya senang bisa bekerja bersama tim Socceroos," kata Osieck.(*)

(Uu.A020/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010