Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI, Sutan Bathoegana menyatakan keprihatinannya jika benar temuan dan laporan yang menyebutkan ada sekitar 500.000 guru absen tiap hari di seluruh Indonesia.

"Lima ratus ribu guru absen tiap hari?. Saya kira ini perlu dibuktikan. Kalau memang benar, itu cukup memprihatinkan," kata Sutan setengah bertanya kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Jika temuan dan laporan itu kemudian benar-benar bisa dibuktikan, Sutan Bathoegana mengharapkan jajaran Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN & Reformasi Birokrasi) harus bentuk Satuan Tugas (Satgas) Khusus.

"Ini Satgas Khusus bertugas menindaklanjuti berita ini, sekaligus menindak para guru yang indisipliner tersebut," tegasnya.

Bila perlu, menurut dia, upaya ini dikembangkan ke semua kementerian, agar kita dapat menciptakan etos kerja yang lebih baik.

"Agaknya dengan kasus yang masih harus dibuktikan ini (adanya 500.000 guru absen tiap hari), perlu kembali kiranya Pemerintah mengkampanyekan Gerakan Disiplin Nasional (GDN)," usul Sutan Bathoegana lagi.(*)

(M036/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010