Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan pamit kepada anggota DPR dan media karena dirinya, pada 26 Juli, telah mengundurkan diri secara resmi dari keanggotaannya di DPR RI .

"Saya sudah mengajukan surat pengunduran diri kepada pimpinan partai karena akan berkonsentrasi mengurusi Partai Demokrat. Pimpinan DPR saat ini sudah memproses surat pengunduran diri saya dan saat ini sudah mendekati finalisasi," kata Anas Urbaningrum kepada pers di Gedung DPR, Jakarta, Senin.

Menurut dia, Partai Demokrat juga sedang memproses pergantian antar waktu (PAW) kepada anggota yang akan menggantikan dirinya dari dari daerah pemilihan Jawa Timur VI.

Anggota DPR yang akan menggantikan dirinya, kata dia, mungkin sebenar lagi akan menggantikannya di DPR setelah pimpinan DPR menerbit surat keputusannya.

Dalam kesempatan tersebut, Anas juga mengucapkan terima kasih kepada para anggota DPR termasuk media yang telah menjalin komunikasi dengan baik dengan dirinya.

Selain mengundurkan diri dari DPR, Anas Urbaningrum juga mengundurkan diri dari jabatan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR.

Jabatan Ketua Fraksi Partai Demokrat tersebut diisi oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR Mohammad Djafar Hafsah.

Menurut dia, Mohammad Jafar Hafsah diputuskan oleh Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono melalui rapat terbatas setelah Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat melakukan rapat konsultasi dengan Dewan Pembina Partai Demokrat, pada Sabtu (14/8) malam.
(R024/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010