Jakarta (ANTARA News) - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dalam memperingati HUT ke-65 Kemerdekaan RI memberikan penghargaan kepada enam pustakawan berprestasi terbaik dari 29 pustakawan se-Indonesia yang mengikuti lomba pemilihan di Jakarta, 13-17 Agustus 2010.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Perpusnas RI Hj Sri Sularsih dalam acara "Pengumuman Pemenang dan Penyerahan Hadiah Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat Nasional 2010" di Jakarta, Selasa, malam.

Keenam pustakwan terbaik tersebut mendapat piagam penghargaan dan tabungan, yakni juara I Eka Mayprima (DKI Jakarta) mendapat hadiah Rp12,5 juta, juara II Rosa Betharia (Sumsel Rp11 juta), dan juara III Budi Handari (Jateng, Rp10 juta).

Selanjunya, juara harapan I Murniyati (Sumut, Rp7 juta), juara harapan II Komaruddin (Jatim, Rp6 juta) dan juara harapan III Zulfitri (Sumbar, Rp5 juta).

Kepala Perpusnas dalam sambutannya mengatakan, selain sebagai wujud penghargaan, pemilihan pustakawan berprestasi terbaik ini juga bertujuan agar prestasi pustakawan terpilih tersebut dikenal luas secara nasional, sehingga dapat dijadikan teladan dan motivasi kerja sesama rekan pustakawan.

"Pustakawan adalah tenaga profesional utama dalam pembangunan penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan seperti yang tercamtum dalam UU No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan," kata Sri Sularsih.

Sementara itu, pustakawan berprestasi terbaik adalah pustakawan yang memiliki komitmen dan prestasi unggul dalam bidang kepustakawanan, kepribadian, dan berkehidupan sosial yang tidak tercela, serta berkinerja baik, sehingga pantas dijadikan panutan dan memberikan motivasi para pustakawan dan tenaga perpustakaan lainnya.(*)
(R009/K004/brt)

 

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010