Beijing (ANTARA News) - Waktu pelaksanaan upacara pembukaan Asian Games di Guangzhou November mendatang sengaja dipilih untuk menghormati mendiang presiden Sun Yat-sen, kata Wali Kota metropolitan di China selatan itu, Rabu.

Lahir di dekat Guangzhou, Sun menjadi instrumen dari kejatuhan Kekaisaran terakhir di China pada 1911 dan dianggap sebagai bapak bangsa Republik China.

Sun merupakan figur luar biasa dalam sejarah modern China dengan masih dipuja di daratan China dan di Taiwan, di mana Partai Nasionalis dia lenyap pada 1949 pada akhir perang sipil.

"12 November adalah peringatan 144 tahun Dr Sun Yat-sen," kata Wali Kota Guangzhou Wang Qingliang, dalam komentar yang disampaikan kantor berita resmi, Xinhua.

"Asian Games memilih hari itu dibuka untuk mengungkapkan perhormatan kami pada beliau," kata Wang, yang berbicara selama kunjungan ke Taiwan seperti dikutip Reuters.

Olimpiade Beijing dibuka pada pukul delapan malam pada tanggal delapan bulan delapan pada 2008, saat nomor delapan bunyinya menyerupai kata China untuk kemakmuran, yang dianggap sebagia keberuntungan.

Asian Games yang akan digelar 12-27 November itu merupakan pesta olahraga terbesar yang digelar di China selatan dan diperkirakan diikuti 14.000 atlet dan ofisial.
(I015/T009)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010