Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, menyatakan, kesiapannya untuk bertarung pada November 2010, mengingat tulang iganya sudah mulai sembuh dari cedera.

"Saya siap naik ring pada Bovember mendatang sesuai yang diputuskan manajamen beberapa waktu lalu," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Rabu.

Menurut suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati tersebut, cedera yang diderita ketika melakukan latihan dengan "sparring partner" di Jakarta menjelang pertarungan melawan Fernando Saucedo sudah lebih baik dari sebelumnya.

"Kalau dihitung dengan persen, rasa sakit yang diderita akibat cedera itu tinggal 20-10 persen saja, artinya sudah sembuh sekitar 80-90 persen," kata Chris John yang sudah mempertahankan gelarnya sebanyak 12 kali sejak merebut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali, Oktober 2003.

Ketika ditanya waktu yang tersisa sekitar dua bulan ini akan dimanfaatkan untuk apa, ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut, mengatakan, sambil menyembuhkan hingga 100 persen, dirinya merencanakan berlatih kembali di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia.

Ia menyebutkan, awal September mendatang dirinya bakal berangkat ke Australia untuk menjalani latihan, mengingat dirinya memiliki waktu dua bulan untuk mempersiapkan pertarungan berikutnya pada November mendatang.

"Saya masih menunggu program dari pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian. Tetapi yang jelas awal September mendatang saya akan berlatih di Australia," kata petinju yang memiliki rekor bertarung 34 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri tersebut.

Menyinggung lawan yang bakal dihadapi pada pertarungan November mendatang, dia mengatakan, dirinya memang belum tahu persis tetapi sampai kini dirinya masih berpegang pada calon lawan sebelumnya, yaitu petinju Argentina, Fernando Saucedo.

"Saya masih menunggu program dari pelatih sekaligus manajernya soal kepastian lawan yang akan saya hadapi pada pertarungan mendatang, Sampai kini saya masih berpegang bahwa lawan saya adalah Saucedo, tetapi kalau pelatih merencanakan lain, tentunya saya akan mengikuti," katanya.

Sebenarnya pertarungan melawan El Vasco (panggilan Fernando Saucedo) direncanakan di Bali, 22 Mei 2010, tetapi mundur karena Chris John mengalami cedera bahu kiri saat berlatih dengan "sparring partner" petinju Australia, Williem Kickket.

Akibat cedera itu pertarungan kedua petinju mundur dan tempat pertarungan dipindahkan dari Bali ke Jakarta menjadi 26 Juli 2010 dengan lawan yang sama.

Tetapi, lagi-lagi pertarungan di Jakarta juga batal karena petinju dengan julukan The Dragon tersebut mengalami cedera tulang iganya saat menjalani latihan dengan "sparring partenr" juara kelas ringan Indonesia, Roy Tuamanihuruk.(*)
(U.H015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010