Jayapura (ANTARA News) - Berbagai kegiatan perayaan dan upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke -65 di tanah Papua berjalan aman tanpa ada gangguan apapun.

"Secara umum kondisi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke ? 65 berjalan aman dan tertib," ujar Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (POLDA) Papua, Kombes Pol Wachyono, di Jayapura, Kamis.

Kombes Wachyono menambahkan kondisi ini aman, terbukti pada saat upacara di lapangan Mandala Kota Jayapura, banyak diminati warga masyarakat dan semua instansi ikut hadir.

"Kondisi harus terus di jaga dan di pertahanakan dalam menjadikan Papua sebagai tanah yang aman dan damai," kata Wachyono, yang juga mengikuti upacara kemerdekaan tingkat provinsi Papua di lapangan Mandala pada Selasa (17/8).

Ketika ditanya terkait adanya upacara bendera kemerdekaan Indonesia ke -65 di Manokwari, yang secara tidak sengaja membuat bendera merah putih terbalik menjadi putih merah.

Wachyono menjawab bahwa hal tersebut memang terjadi dan telah diterima laporannya, hanya saja sudah dilakukan perbaikan pada saat upacara berjalan.

Menurutnya, semua daerah di Papua tetap aman, termasuk wilayah yang selalu rawan penyerangan kelompok tidak di kenal.

"Jadi jangan bilang Papua daerah konflik, sebab buktinya masyarakat bisa menyambut dengan penuh syukur hari proklamasi kemerdekaan Indonesia," tandasnya.

Sementara data yang diterima dari Polda Papua, tercatat 14 ribu personil Polda Papua ikut mengamankan jalannya perayaan hari kemerdekaan bangsa Indonesia ke - 65 di seluruh tanah Papua.
(ANT-186/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010