Dubes RI prakarsai kerja sama universitas di Panama dan Indonesia

Dubes RI prakarsai kerja sama  universitas di Panama dan  Indonesia

Duta Besar RI untuk Panama Sukmo Harsono memprakarsai kerja sama pendidikan antara fakultas arsitektur dan desain Universidad de Panama Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA) dengan fakultas teknik Universitas Sebelas Maret (UNS). ANTARA/HO-KBRI Panama City/am.

Saya harap kerja sama ini dapat meningkat lebih luas lagi dengan berbagai kegiatan seperti saling kunjung dari pihak Panama ke Indonesia maupun sebaliknya,
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Panama Sukmo Harsono memprakarsai kerja sama pendidikan antara fakultas arsitektur dan desain Universidad de Panama Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA) dengan fakultas teknik Universitas Sebelas Maret (UNS).

Penandatanganan Letter of Collaboration (LoC) untuk kerja sama pendidikan tersebut dilakukan secara terpisah dan dilakukan terlebih dahulu oleh pihak CRUA, demikian disampaikan dalam keterangan KBRI Panama City yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dubes Sukmo ikut menandatangani dokumen sebagai saksi atas perjanjian dimaksud. Penandatanganan dilakukan di KBRI Panama City pada Rabu (19/5).

Baca juga: Dubes RI dan Walikota Bogor dorong ekspor produk Indonesia ke Panama
Baca juga: KBRI adakan Lokakarya Bambu Indonesia di Panama


Dubes Sukmo menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin dengan baik antara CRUA dan UNS.

"Penandatanganan perjanjian kerja sama ini sangat spesial karena ini
perjanjian antar universitas yang pertama kalinya sejak saya bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Panama pada akhir tahun 2020," ujar Dubes Sukmo.

"Saya harap kerja sama ini dapat meningkat lebih luas lagi dengan berbagai kegiatan seperti saling kunjung dari pihak Panama ke Indonesia maupun sebaliknya, serta kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan people-to-people contact," lanjutnya.

KBRI Panama City merintis kerja sama antara universitas CRUA dan UNS itu yang diawali dengan pertemuan penjajakan kerja sama secara virtual antara program studi arsitektur Fakultas Teknik UNS dengan Fakultas Arsitektur dan Desain CRUA sejak akhir Desember 2020.

Tindak lanjut dari pertemuan penjajakan tersebut kedua universitas sepakat untuk mengawali kerja sama dengan melakukan kegiatan kuliah tamu yang telah dilaksanakan pada 15 April 2021 oleh dosen dari CRUA, dan 28 April 2021 oleh dosen dari UNS.

Kuliah tamu berikutnya direncanakan pada 25 Mei dan 28 Mei 2021.

Selanjutnya, kedua belah pihak sepakat untuk memformalkan kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam Letter of Collaboration (LoC).

Draft awal LoC disampaikan oleh UNS dan kemudian disepakati oleh CRUA untuk durasi selama lima tahun.

Hal-hal yang disepakati dalam LoC itu, antara lain program kuliah tamu; pertukaran materi pendidikan, penelitian, dan publikasi; serta kolaborasi untuk proyek penelitian.

Sejak KBRI Panama City dibuka pada 2010, baru terdapat satu perjanjian antaruniversitas di Indonesia dan Panama, yakni Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) dengan Universidad Santa Maria de Antigua (USMA) Panama yang ditandatangani pada 2019.

Baca juga: Indonesia jajaki kerja sama dengan perusahaan logistik Panama
Baca juga: KBRI Panama City adakan lomba menyanyi lagu Indonesia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar