Bandung (ANTARA News) - Tiket KA tambahan jurusan Bandung ke arah timur (Jateng dan Jatim) untuk pemberangkatan 3-6 September 2010 yang dijual sejak Rabu (18/8) hampir habis.

"Tiket KA untuk pemberangkatan H-6 Lebaran rata-rata sudah terpesan 100 persen, bahkan tiket KA tambahan untuk 3-6 September juga hampir habis," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Kamis.

Meski demikian, kata Bambang masih ada beberapa tiket yang tersisa untuk KA tambahan yang digandengkan pada sejumlah KA komersial yang dioperasikan oleh PTKA Daop II Bandung itu.

Kondisi terakhir, pemesanan KA tambahan yang terdiri 458 kursi setiap hari mulai 3-6 September itu sudah terjual rata-rata 90 persen. Ia menghimbau agar masyarakat melakukan pemesanan tiket lebih awal untuk menghindari penumpukan di loket stasiun menjelang pemberangkatan.

"Respon masyarakat terhadap KA cukup tinggi, pemesanan tiket untuk Mudik/ Balik Lebaran 2010 saat ini sudah mencapai di atas 80 persen, bahkan untuk kereta-kereta reguler sudah habis terpesan, terutama pemberangkatan mulai H-5 Lebaran," kata Bambang.

Menyusul permintaan penumpang tinggi, maka PTKA Daop II Bandung mengambil kebijakan menambah kereta pada KA komersial jurusan ke timur masing-masing satu kereta dengan kapasitas 52 tempat duduk.

KA komersial yang dioperasikan PTKA Daop II Bandung jurusan ke timur adalah KA Argo Wilis, Turangga, Mutiara Selatan (Bandung - Surabaya), Lodaya Pagi dan Malam (Bandung - Solo), Malabar (Bandung - Malang).

"Pemesanan tiket hanya dilakukan untuk KA komersial kelas bisnis dan eksekutif, sedangkan penjualan tiket KA ekonomi dilakukan di loket penjualan di stasiun atau agen yang ditunjuk PTKA," katanya.

Bambang pun mengungkapkan, hingga Kamis (19/8), pemesanan tiket online untuk KA Mutiara Selatan, untuk keberangkatan KA tanggal 3-6 September rata rata telah mencapai 98%. Sementara untuk KA Argo Wilis, rata rata masih dibawah 50% dan begitu juga untuk KA Turangga masih dibawah 50%.

Namun demikian untuk KA Lodaya Pagi, pemesanan tiket dengan keberangkatan tanggal 3-6 september rata rata telah mencapai 70%, dan untuk KA Lodaya Malam 95%.

Sementara untuk KA Malabar pemesanan tiket rata rata telah mencapai hingga 77%. Sedangkan untuk pemberangkatan 7-9 September sudah 100 persen, bahkan untuk kelas bisnis sudah 120 persen.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010