Liga Jerman

Skenario tiket Eropa dan degradasi Liga Jerman

Skenario tiket Eropa dan degradasi Liga Jerman

Pemain sayap Arminia Bielefeld Andreas Voglsammer (kanan) berusaha melewati hadangan bek TSG Hoffenheim Stefan Posch dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion SchuecoArena, Bielefeld, Jerman, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA/REUTERS/IMAGO/Ulrich Hufnagel)

Jakarta (ANTARA) - Liga Jerman akan melangsungkan rangkaian laga pekan pemungkas musim 2020/21 pada Sabtu malam nanti dan sebagian besar hal sudah ditentukan kecuali satu sisa tiket Eropa dan dua hal terkait degradasi.

Bayern Muenchen sudah dipastikan menjadi juara dan akan ke Liga Champions didampingi RB Leipzig serta dua tim lain yang sudah mengunci finis di empat besar yakni Borussia Dortmund dan VfL Wolfsburg.

Dua jatah tiket Liga Europa juga sudah jadi milik Eintracht Frankfurt dan Bayer Leverkusen yang dipastikan akan finis secara berurutan di posisi kelima dan keenam.

Sedangkan Schalke 04 menjadi satu tim yang sudah terdegradasi, menunggu satu tim lain.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman: enam dari tujuh kuota Eropa sudah teralokasi


Apa tiket Eropa yang tersisa?

Jerman masih akan menentukan satu tim yang mendapat tiket babak playoff kualifikasi Liga Conference, yang bakal diperebutkan Union Berlin, Borussia Moenchengladbach, VfB Stuttgart dan SC Freiburg.

Union akan mengunci tiket Liga Conference jika menang atas Leipzig tanpa terpengaruh hasil lain. Union juga bisa meraih tiket Liga Conference asalkan Gladbach tidak menang dan Stuttgart serta Freiburg gagal mengejar selisih tiga dan empat gol.

Gladbach akan mengunci tiket Liga Conference jika menang melawan Werder Bremen dan di laga lain Union gagal meraih poin penuh. Hasil imbang juga bisa membuat Gladbach meraih tiket Liga Conference, asalkan Union kalah dan di waktu bersamaan Stuttgart serta Freiburg gagal menang.

Stuttgart wajib menang atas Arminia Bielefeld jika ingin mendapat tiket Liga Conference, diikuti syarat Union kalah serta Gladbach dan Stuttgart gagal meraih poin penuh.

Syarat serupa juga dihadapi Freiburg, yang akan melawan Frankfurt di laga pemungkas.

Baca juga: Leverkusen kunci tiket Europa lantaran Gladbach dikalahkan Stuttgart


Bagaimana skenario degradasi?

Tiga tim yakni Arminia, Bremen dan FC Cologne masih terancam finis di zona degradasi otomatis atau urutan ke-17. Tiga tim yang sama juga akan bersaing untuk tidak finis di urutan ke-16 atau zona playoff promosi-degradasi.

Cologne terdegradasi otomatis jika kalah atau imbang melawan Schalke tanpa peduli hasil laga lain. Cologne akan mengikuti playoff promosi-degradasi jika menang dan di laga lain salah satu dari Arminia dan Bremen meraih poin.

Cologne sepenuhnya lolos dari ancaman degradasi jika menang dan di laga lain Arminia dan Bremen kalah, atau Arminia imbang dan Cologne bisa mengejar ketertinggalan selisih satu gol.

Bremen terdegradasi otomatis jika kalah atau imbang melawan Gladbach dan di laga lain Cologne menang. Bremen akan mengikuti playoff promosi-degradasi jika menang atau imbang tapi Arminia juga meraih hasil serupa, sedangkan Cologne gagal menang.

Bremen akan aman sepenuhnya jika menang atau imbang dan di laga lain Arminia kalah dan Cologne gagal menang.

Baca juga: Sepekan jelang musim berakhir, Bremen pecat pelatihnya

Arminia terdegradasi otomatis jika kalah melawan Stuttgart dan di laga lain Bremen serta Cologne menang. Arminia juga akan terdegradasi otomatis jika imbang dan di laga lain Bremen menang dan Cologne juga menang serta mengejar selisih satu gol.

Arminia akan mengikuti playoff promosi-degradasi jika kalah dan di laga lain Bremen imbang atau menang tapi Cologne gagal meraih poin penuh. Arminia juga akan mengikuti playoff promosi-degradasi jika imbang dan di laga lain Bremen menang tapi Cologne gagal meraih poin penuh.

Arminia akan aman sepenuhnya jika menang tanpa terpengaruh hasil laga-laga lain.

Baca juga: Oliver Kahn sebut Bayern Muenchen tidak sanggup tebus harga Haaland
Baca juga: Leipzig ikat Emil Forsberg hingga 2025

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar