Semen Baturaja suplai kebutuhan proyek infrastruktur di Sumbagsel

Semen Baturaja suplai kebutuhan proyek infrastruktur di Sumbagsel

Operator mengawasi aktivitas di Pabrik Semen Baturaja di Baturaja, Sumatera Selatan. (ANTARA/HO/21)

Kami optimistis bahwa target penjualan bakal tercapai, apalagi pemerintah sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp417,4 trilun pada 2021
Palembang (ANTARA) - PT Semen Baturaja (Persero) menyuplai kebutuhan proyek infrastruktur di Sumatera Selatan sehingga optimistis dapat mencapai target penjualan tahun 2021 yakni sebanyak 2,18 juta ton atau meningkat 11 persen dibandingkan 2020.

Direktur Pemasaran PT Semen Baturaja Mukhamad Saifudin di Palembang, Selasa, mengatakan, Semen Baturaja salah satunya menjadi pemasok semen untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 8 berkapasitas 1.200 Mega Watt di Kabupaten Muara Enim.

Setidaknya 130.000 ton semen disuplai ke infrastruktur yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan selesai pada 2021.

Selain itu, BUMN yang bergerak di industri semen itu juga mencukupi kebutuhan semen untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Indralaya-Prabumulih sejauh 119 Km yang merupakan lanjutan dari ruas Tol Palembang-Indralaya. Jalan tol ini ditargetkan selesai pada 2022.

“Kami optimistis bahwa target penjualan bakal tercapai, apalagi pemerintah sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp417,4 trilun pada 2021,” kata dia.

Adanya potensi peningkatan penyerapan semen ini juga dibenarkan Asosiasi Semen Indonesia (ASI) yang menyatakan jika kegiatan konstruksi infrastruktur dan proyek strategis bidang properti mulai berjalan pada akhir kuartal I/2021.

Konsumsi semen bergerak naik hampir di seluruh wilayah Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel) denga mengalami peningkatan sebesar 20,2 persen (year on year) pada Maret 2021.

Bukan hanya dari PSN, potensi penyerapan semen juga terbuka dari penyerapan anggaran di daerah karena Pemprov Sumsel memprioritaskan pembangunan irigasi penunjang sektor pertanian pada tahun ini.

Semen Baturaja juga ikut serta dalam pembangunan Supply of Ready Mixed Concrete dari PT OKI Pulp & Paper Mill, PLTA Kerinci kapasitas 350 MW, dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohido (PLTM) Lebong.

Selain itu, perseroan juga menyuplai kebutuhan semen PSN di Bandar Lampung, Jambi, Kota Lampung Selatan, Lubuklinggau dan sekitarnya, seperti pembangunan RSUD Sekayu, proyek ketenagalistrikan, proyek beton tapak rel kereta musi, preservasi jalan dan jembatan dan proyek swasta lainnya di Sumbagsel.

Menyongsong kenaikan aktivitas dalam PSN di Sumbagsel, Semen Baturaja merevitalisasi Pabrik Baturaja I, meningkatkan quality control, mempersiapkan armada penunjang distribusi serta meningkatkan fasilitas penunjang distribusi lainnya demi menjaga kontinuitas supply bagi pelanggan.

Baca juga: Efisiensi dongkrak kinerja Semen Baturaja
Baca juga: Semen Baturaja optimis raih kinerja positif pada 2021
Baca juga: Semen Baturaja raih pendapatan Rp1,72 trilun di tengah pandemi

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar