Kendal (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Kapolda Jateng), Irjen Pol Edward Aritonang, memeriksa persiapan jalur pantura menjelang arus mudik yang dilakukan oleh kepolisian resort (Polres) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Rabu siang.

Dia mengatakan, Polres setempat harus lebih mempersiapkan pengamanan karena diperkirakan ada kenaikan arus mudik sebanyak tujuh persen dari tahun sebelumnya.

Dalam kunjungannnya ke markas Polres Kendal, dia mengatakan persiapan dan antisipasi yang telah dilakukan oleh Polres Kendal sudah berjalan dengan baik.

"Saya merasa puas atas persiapan Polres Kendal yang sudah siap dalam mengamankan arus mudik lebaran," kata dia seusai mengikuti paparan mengenai persiapan jalur pantura yang diberikan oleh Kapolres Kendal, AKBP Agus Suryo Nugroho.

Namun, kata dia, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi dalam hal porsi latihan anggota.

"Porsi latihan dan uji coba antisipasi masih perlu ditambah, agar anggota yang bertugas dilapangan benar-benar paham apa yang harus dilakukan di lapangan," katanya,

Dia juga mengatakan, persiapan yang dilakukan juga harus mencakup antisipasi di beberapa titik-titik rawan kecelakaan dan beberapa perempatan yang rawan kemacetan.

Sedangkan dari aspek keamanan, katanya, petugas harus menyiapkan diri dengan berbagai kejahatan, seperti penodongan, perampokan, bajing loncat.

Sedangkan untuk pengamanan saat Idul Fitri, dia mengatakan, tempat-tempat umum layaknya lokasi hiburan, rekreasi, tempat berbelanjaan dan tempat yang biasa dilakukan sebagai tempat melakukan ibadah shalat Idul Fitri harus dilakukan penjagaan secara ketat.

Sementara itu, dia juga mengimbau kepada kepolisian sektor (Polsek) di Kendal agar memiliki data nomor telepon pejabat pemerintah, baik dari tingkat RT hingga kecamatan, sehingga bisa menjalinn komnikasi langsung dengan mereka jika terjadi suatu permasalahan.

Ditemui di tempat yang sama, Wakapolres Kendal, Kompol Guntur AS, mengatakan bajwa pihaknya menyiapkan 500 personil untuk melakukan pengamanan selama arus mudik berlangsung.

"Kami dibantu oleh TNI dan pihak-pihak terkait dan masyarakat untuk mengamankan arus mudik lebaran ini," ujarnya.

Selain untuk memeriksa persiapan jalur pantura, kunjungan tersebut juga merupakan perkenalan diri Irjen Edward Aritonang sebagai kapolda baru di Jawa Tengah dan silahturahmi dengan Polres Kendal.
(U.ANT-157/E001/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010