Jakarta (ANTARA News) - Dell Inc pada Selasa merilis ponsel pintar Amerika Serikat pertama, memasuki pasar yang bertambah ramai dengan perangkat Android 3,5-inci yang disebut Aero berharga 100 dolar berjaringan AT & T.

Langkah panjang telah diantisipasi oleh produsen komputer Dell dalam persaingan dengan Apple Inc, pemimpin pasar ponsel pintar, dan dengan cengkraman ponsel lain yang menggunakan sistem operasi Android Google Inc.

Dell yang bermarkas di Round Rock, Texas, mengatakan ponsel pintar barunya akan dijual seharga 99,99 dolar dengan kontrak jaringan 2 tahun dari AT & T, atau 299,99 dolar tanpa kontrak.

Dell mengatakan Aero akan menjadi salah satu ponsel pintar Android ringan di AS, dan didukung dengan perangkat lunak Adobe Systems Inc, Flash, yang membuat Dell berbeda dengan Apple yang menolak penggunaan Flash pada perangkat mobile.

Pembuat komputer pribadi memasuki pasar ponsel pintar pada akhir 2009 dengan pelepasan ponsel Mini 3 di China. Perusahaan itu juga merilis sebuah tablet 5 inci disebut Streak bulan ini yang juga dijalankan dengan Android dan menggunakan jaringan AT & T untuk panggilan telepon. Streak akan bersaing dengan iPad Apple.

Pasar ponsel pintar di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh 36 persen menjadi 247 juta unit pada 2010 dari 182 juta pada 2009 menurut penelitian IT, iSuppli, demikian Reuters.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010