Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi komputer Dell ikut terjun ke tren kecerdasan buatan (AI) dengan menghadirkan Dell Generative AI Solutions yang dapat membantu pelanggannya dalam mengatur akses ke model bahasa besar (LLM) dan membuat proyek AI generatif.

Layanan Dell Generative AI Solutions menawarkan pengaturan perangkat keras baru, platform layanan terkelola, dan perangkat komputer untuk menjalankan proyek AI generatif lebih cepat, seperti diberitakan The Verge, Selasa.

"AI generatif mewakili titik infleksi yang mendorong perubahan mendasar dalam laju inovasi sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan dan memungkinkan cara-cara baru untuk bekerja," kata petinggi bagian operasional Dell Jeff Clarke.

Baca juga: Dell tingkatkan Concept Nyx untuk hadirkan pengalaman gim terbaik

Ketika perusahaan teknologi seperti Meta, OpenAI, dan Google berlomba untuk menciptakan teknologi AI, beberapa perusahaan teknologi seperti Dell memanfaatkan tren AI untuk menawarkan platform layanannya kepada konsumen. Dell mengikuti jejak Amazon yang menawarkan platform layanan terkelola dan pengaturan infrastruktur yang lebih cepat bagi perusahaan yang ingin mengadopsi teknologi AI.

Dell berkolaborasi dengan Nvidia untuk menghadirkan Tensor Core GPU Nvidia, perangkat lunak AI yang dikembangkan Dell, dan penyimpanan data bersama sehingga perusahaan klien dapat menjalankan model AI lebih cepat.

Selain itu, Dell dikabarkan akan merilis komputer baru dengan kemampuan AI built-in yang digadang-gadang akan menjadi "mesin kecil dengan baterai yang hemat".

Dell juga mengumumkan peluncuran Dell Professional Services, platform layanan terkelola yang akan membantu pelanggannya menerapkan model AI generatif dan memecahkan masalah setelah diintegrasikan ke dalam perusahaan.

Baca juga: Aplikasi ChatGPT akan dirilis di Android minggu depan

Baca juga: Apple kembangkan teknologi AI mirip ChatGPT

Baca juga: Meta rilis model AI baru Llama 2 yang dapat diakses secara umum

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023