Jakarta (ANTARA) -
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menyemarakkan Bulan Pancasila pada 1 Juni hingga 18 Agustus 2021.
 
"Kegiatan dimulai dengan upacara pada 1 Juni 2021 bertepatan Hari Lahir Pancasila, perlombaan penguatan dan pengarusutamaan nilai-nilai luhur Pancasila serta kegiatan sosial hingga pergelaran wayang kulit. Kegiatan itu akan tetap menjalankan protokol kesehatan," kata Kepala BPIP Yudian Wahyudi saat jumpa pers, di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat.
 
Kegiatan itu, kata dia, sebagai bentuk penghargaan perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila.
 
Menurut Yudian, perlunya pengenalan, pemahaman, dan internalisasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda dan penerus bangsa sangat penting untuk memupuk persatuan bangsa ke depan.
 
Salah satu strategi efektif untuk mengisi ruang pengenalan dan pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan menyelenggarakan berbagai perlombaan yang dapat diakses seluas-luasnya oleh masyarakat.

Baca juga: BPIP Didukung Kemendagri untuk Peringatan Harlah Pancasila Serentak 34 Provinsi
 
"Salah satu cara efektif untuk mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila, antara lain dengan menggelar berbagai kegiatan perlombaan dan pemberian penghargaan atau apresiasi kepada masyarakat terkait aktivitas dan prestasinya dalam mengarusutamakan Pancasila," ujarnya.
 
BPIP mengimbau masyarakat untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu hari penuh di tiap-tiap instansi dan rumah tepat pada tanggal 1 Juni 2021.
 
"Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan amanat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016," kata Yudian.
 
Deputi V Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina yang juga sebagai panitia upacara, mengimbau seluruh instansi, kementerian/lembaga, dan pemerintah daerah menggelar upacara Hari Lahir Pancasila secara serentak pada pukul 08.00 WIB.
 
"Pada pukul 10.00 WIB akan digelar upacara secara nasional yang dihadiri Presiden Jokowi dan pejabat negara dengan 'virtual reality'. Presiden Jokowi akan mengikuti upacara di Istana Negara, sementara pejabat negara seperti DPR dan MPR bisa dilakukan di tempatnya masing-masing," kata Rima.

Baca juga: BPIP: Konten Positif Redam Ujaran Kebencian
 
Untuk menggemakan Hari Lahir Pancasila, BPIP menggandeng Kemendagri untuk menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.
 
"Kita bekerja sama dengan Kemendagri agar setiap pemerintah daerah menggelar kegiatan upacara," kata Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Prakoso.
 
Dia mengajak masyarakat Indonesia agar tidak hanya menjadikan Pancasila sebagai ilmu pengetahuan, tetapi dapat diimplementasikan dalam tindakan kehidupan sehari-hari.
 
BPIP berharap pemahaman sejarah bangsa maupun keluhuran bangsa dari generasi ke generasi dapat terpelihara dalam konteks jatidiri bangsa untuk Indonesia tangguh.

Baca juga: BPIP:BRIN lembaga "super body" integrasi litbangjirap K/L dan daerah
 
Sementara itu, Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP KA Tajuddin, menambahkan, perlombaan ini lebih diprioritaskan untuk pelajar, mahasiswa, anak muda, dan kaum milineal agar mereka tergerak untuk mendalami lebih lanjut, menjadikan Pancasila sebagai "working ideology" yang bisa dirasakan di semua lini kehidupan masyarakat Indonesia.
 
Pada tahun 2021 kata Tajuddin, BPIP menggelar sejumlah perlombaan, antara lain lomba video pendek berbasis instagram dan TikTok, serta
lomba pembuatan video pendek dan animasi dengan MPR RI.
 
"Pemenang kedua lomba tersebut akan diumumkan tepat pada tanggal 1 Juni 2021," katanya.
 
Selanjutnya dalam rangkaian Bulan Pancasila, tambah dia, BPIP akan menyelenggarakan beberapa jenis kegiatan lomba berupa ajang kreativitas anak Indonesia jenjang PAUD dan TK, Lomba Orasi Hari Lahir Pancasila dengan platform youtube, Lomba Penulisan Esai "Teladan Pancasila oleh Aparatur Negara", Lomba Pembuatan Cerita Permainan Tradisional dalam bentuk video, dan Lomba Vlog Pancasila dalam tindakan.
 
"Semua jenis lomba tersebut mempunyai tema yang sama, yakni 'Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh'," katanya seraya mengatakan pendaftaran lomba mulai 1 Juni 2021.
 
Selain kegiatan lomba, rangkaian Bulan Pancasila tahun 2021 akan dipilih putra putri terbaik bangsa untuk mendapatkan Apresiasi Prestasi Pancasila.
 
"Kita akan berikan penghargaan kepada 76 orang sesuai dengan tahun Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia. Pemberian penghargaan ini akan diumumkan pada saat peringatan Hari Kemerdekaan RI pada Agustus 2021," kata Tajuddin.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021