counter

Bumbu yang Ternyata Obat Diabetes Sekaligus Liver

Bumbu yang Ternyata Obat Diabetes Sekaligus Liver

Kayu Manis (petaniindonesia.com)

Jakarta (ANTARA News) - Kayu manis dapat membantu mencegah penyakit Diabetes dan penyakit hati, Ungkap para ilmuwan seperti dikutip oleh Dailymail.

Sebuah penelitian menemukan bahwa segelas air rebusan kayu manis mengandung antioksidan yang mampu mengurangi kemungkinan dari serangan kedua penyakit tersebut hingga 23 persen.

Para peneliti pada pusat ilmu pengetahuan kesehatan di Fairlawn, Ohio, AS meneliti sebanyak 22 obesitas yang "pre diabetes".Pre diabetes adalah keadaan ebelum terjangkit secara penuh penyakit diabetes.

Setengah dari partisipan diberikan sebanyak 250 mg air kayu manis untuk dikonsumsi setiap hari, dan setengah lainnya menjalani plasebo.

Penderita menjadi lebih tinggi resisten ketimbang dengan tingkat insulin normal - hormon itu digunakan untuk mengatur tingkat gula darah - yang diproduksi oleh pankreas.

Darah dikumpulkan pada awal dan akhir dari survei tersebut. Peminum kayu manis tercatat mengalami penambahan antioksidan sekitar 13 hingga 23 persen yang berguna menurunkan tingkat gula darah.

Richard Anderson, orang yang memimpin penelitian itu untuk Departemen pertanian AS, mengatakan pada the Journal of the American College of Nutrition bahwa penelitian lebih lanjut dibutuhkan ke dalam kegunaan atau manfaat dari jus kayu manis dalam mencegah penyakit diabetes dan hati.

Ia mengatakan : "hanya penelitian lebih lanjut yang akan memberitahu apakah penelitian investigasional mendukung gagasan bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas mengurangi stress oksidatif dan gula darah dengan cara mengkonsumsi ekstrak kayu manis yang telah dibuktikan aman dan efektif.

"Sementara itu, kurangnya berat badan tetap merupakan faktor utama dalam memperbaiki jumlah ini."
(yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Mayoritas jamaah calhaj asal Sultra mengidap penyakit hipertensi

Komentar