Makassar (ANTARA News) - Perusahaan jasa telekomunikasi selular PT XL Axiata Tbk menambah kapasitas pengiriman pesan singkat menjadi 35 ribu per detik untuk wilayah Sulawesi dan Kalimantan.

Direktur Commerce PT XL Axiata Tbk Joy Wahyudi di Makassar, Rabu, menjelaskan penambahan kapasitas tersebut dilakukan berdasarkan grafik jumlah pengiriman pesan singkat tahun lalu yang mencapai 27 ribu per detik sekaligus menjawab pertumbuhan pelanggan.

Pihaknya memperkirakan penambahan grafik pengiriman pesan singkat mencapai 30 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Di Sulawesi kemungkinan grafiknya justru akan turun karena kebanyakan pemudik ada di Pulau Jawa terutama di daerah kantong-kantong mudik.

"Menghadapi lebaran tahun ini kami lebih siap. Selain penambahan kapasitas pengiriman pesan singkat kami juga menambah kapasitas data untuk Blackberry menjadi 800 megabyte," jelasnya di sela-sela safari Ramadhan bersama 50 anak yatim piatu Makassar.

Penambahan kapasitas data Blackberry ini juga telah dikoordinasikan bersama produsen telepon genggam tersebut di Kanada, Research In Motion.

Ia menjelaskan, tren penggunaan Blackberry yang semakin meningkat mendorong pihaknya untuk menyeimbangkan penambahan kapasitas.

"Pasar Blackberry kami telah meningkat menjadi 300 ribu, mudah-mudahan tahun ini bisa mencapai 500 ribu, 20 ribu diantaranya di Sulawesi dan Kalimantan," katanya.

Penambahan kapasitas juga dilakukan pada jaringan dengan daya tampung hingga 10 juta pengguna dari total jumlah pelanggan di Sulawesi dan Kalimantan yang mencapai 2,5 juta.

"Jadi dapat dipastikan untuk panggilan suara juga akan terpenuhi," katanya.

Persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi saat-saat penggunaan fasilitas komunikasi terutama mulai tengah malam menjelang lebaran. (RY/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010