Aprindo fasilitasi vaksinasi bagi 150 ribu karyawan ritel dan UMKM

Aprindo fasilitasi vaksinasi bagi 150 ribu karyawan ritel dan UMKM

Kegiatan vaksinasi massal yang diinisiasi Aprindo di GOR Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati.

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memfasilitasi layanan vaksinasi yang menyasar 150.000 karyawan ritel serta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di lima wilayah DKI Jakarta.

Kegiatan vaksinasi massal ini dilakukan di GOR Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu, serta secara serentak di wilayah lainnya di DKI Jakarta. Program vaksinasi kerja sama Pemprov DKI Jakarta ini bertema "Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit".

"Kita harapkan karyawan ritel dan UMKM dapat divaksin seluruhnya sehingga dapat memberikan pelayanan bagi konsumen dan masyarakat. Apa yang kita lakukan ini dapat membawa kita pada 'herd immunity'," kata Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey di GOR Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu.

Adapun kegiatan vaksinasi ini menyasar 30.000 karyawan ritel dan pelaku UMKM di Jakarta Pusat, dengan target 1.000 orang per hari hingga satu bulan ke depan.

Roy menjelaskan vaksinasi secara masif ini diharapkan menjadi "game changer" bagi dunia usaha, khususnya sektor ritel modern agar perekonomian Indonesia bangkit kembali melalui konsumsi rumah tangga, yang menyumbang kontributor 57,6 persen terhadap pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia.

Menurut Roy, pekerja ritel modern berisiko tertular dan terdampak COVID-19 karena berhadapan langsung dengan masyarakat sebagai konsumen. Karena itu, pekerja ritel dan pelaku UMKM butuh perlindungan kesehatan dan imunitas.

Baca juga: Jakpro sasar 368 pedagang Pasar Muara Karang untuk vaksinasi COVID-19
Baca juga: Sambut Lebaran, MRT Jakarta kembali lakukan vaksinasi seluruh petugas


Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengapresiasi kerja sama pengusaha ritel Indonesia dan Pemprov DKI Jakarta dalam melaksanakan vaksin.

Ia berharap kegiatan serupa dapat diikuti oleh daerah lain sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) dapat terbentuk, serta aktivitas perekonomian dapat berjalan seimbang dengan kesehatan.

"Kegiatan ini harapannya bisa menjadi percontohan dan diikuti daerah lain, bagaimana Jakarta berusaha menyeimbangkan antara kesehatan dan ekonomi berjalan. Kita harapkan lebih cepat lagi agar kekebalan masyarakat terbentuk sampai pandemi selesai," kata Oke.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi berharap vaksinasi oleh Aprindo ini diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Jakarta Pusat, terutama bagi karyawan ritel modern.

"Kita mangapresiasi seluruh masyarakat di Jakarta Pusat, termasuk minimarket dan supermarket, karyawannya divaksin. Mereka berhubungan dengan pembeli dari masyarakat, maka harus dijaga bagaimana memutus mata rantai COVID," kata Irwandi.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Aprindo minta usaha ritel dijadikan sektor prioritas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar