Jakarta (ANTARA News) - Sony Corp akan meluncurkan sebuah layanan pengunduhan musik dan video terbaru untuk menghubungkan ke berbagai perangkat Sony, sebagai tantangan untuk posisi Apple yang dominan di pasar, kata The Finacial Time pada Rabu.

Pengumuman dibuat untuk diterapkan pada pertunjukan teknologi IFA di Berlin pada Rabu, kata surat kabar tersebut, bertepatan dengan acara media yang dijadwalkan oleh Apple pada hari yang sama di Amerika Serikat.

Layanan yang bervariasi akan bekerja melalui berbagai perangkat koneksi Internet seperti pemutar musik Walkman, komputer VAIO, TV Bravia, Blu-ray dan ponsel genggam Sony Ericsson tetapi baru akan tersedia kepada pelanggan tahun depan, kata tulisan itu.

Presiden Sony yang lahir di Welsh, Howard Stringer kukuh akan mengembangkan produk terbaik dan layanan yang akan meraup keuntungan dari konglomerat kaya terhadap portfolio musik dan film.

Perusahaan meluncurkan layanan video-on-demand di Amerika Serikat, yang dikenal dengan Qriocity, tahun ini.

Namun sejauh ini Sony gagal untuk mendapatkan pasar Apple di pasar download. Apple diperkirakan akan meluncurkan sebuah iPod baru di acara media pada Rabu, meskipun spekulasi itu memanas dengan akan dibuat pengumuman tentang proyek TV sendiri, Apple TV.

Seorang juru bicara untuk Sony menolak berkomentar. Saham Sony datar pada 2.367 yen Rabu, demikian Reuters.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010