Jakarta (ANTARA) - Sony meluncurkan mikrofon nirkabel ECM-W3 dan ECM-W3S, serta mikrofon streaming nirkabel ECM-S1 yang menggabungkan pengambilan suara berkualitas tinggi dengan desain yang ringan.

Menurut keterangan resmi yang diterima pada Selasa, ECM-W3 memiliki receiver dua saluran dan dua mikrofon, sedangkan ECM-W3S memiliki receiver satu saluran dan satu mikrofon.

Baik ECM-W3 maupun ECM-W3S cocok untuk kreator konten video yang bekerja dalam berbagai skenario pengambilan gambar seperti vlog dan wawancara, memungkinkan pengguna dengan mudah merekam suara berkualitas tinggi bahkan saat mengambil gambar jauh dari kamera.

Mikrofon nirkabel ECM-W3 dirancang untuk keperluan wawancara dan percakapan dua arah, sementara mikrofon ECM-W3S unggul dalam menangkap suara pengguna yang jelas dan terartikulasi untuk vlogger dan kreator konten video dengan fokus pada penyampaian suara yang organik. Mikrofon ini memastikan pengambilan suara dengan baik sekaligus mengurangi kebisingan secara efektif.

Baca juga: Sony rilis headphone nirkabel 1000X generasi keempat

Baca juga: Earphone nirkabel Sony WF-1000XM3 tawarkan baterai tahan lama


Selain kompatibilitas Multi-Interface (MI) Shoe dengan kamera Sony, kompatibilitas semakin ditingkatkan melalui terminal USB Type-C dan output audio 3,5 mm yang memungkinkan koneksi dengan berbagai perangkat yang dilengkapi terminal USB dan input audio 3,5 mm seperti seperti kamera, ponsel pintar, dan PC, dan lainnya. Mikrofon ini juga dilengkapi dengan wadah pengisi daya yang nyaman dan praktis.

Sedangkan mikrofon ECM-S1 cocok untuk videografer profesional dan kreator konten video yang membutuhkan kualitas audio terbaik untuk pengambilan gambar, siaran langsung (live streaming), dan podcast.

Mikrofon ini memiliki bodi yang ringan dan ringkas serta dilengkapi dengan tiga kapsul berdiameter 14 mm yang disesuaikan untuk menangkap suara manusia secara alami dan dengan kualitas tinggi.

Koneksinya yang mudah ke kamera, komputer, dan ponsel pintar menjadikannya aset yang sangat diperlukan bagi kreator konten yang mencari pengalaman audio-video yang dinamis.

Karena audio direkam langsung ke kamera melalui koneksi nirkabel, tidak terjadi delay antara suara dan video yang kadang terjadi saat suara dan video dimasukkan secara terpisah ke perangkat distribusi selama siaran langsung, sehingga tidak memerlukan kompensasi delay.

Mikrofon nirkabel ECM-W3, ECM-W3S, dan ECM-S1 sudah tersedia di Indonesia; dan dapat dibeli di gerai resmi Sony. Masing-masing mikrofon dijual dengan harga Rp7.499.000 untuk ECM-W3, Rp5.599.000 untuk ECM-W3S, dan Rp6.499.000 untuk ECM-S1.

Baca juga: Sony luncurkan pembaruan perangkat lunak untuk PS5

Baca juga: Sony menurunkan proyeksi penjualan konsol PlayStation 5

Baca juga: Sony rilis kamera Alpha 9 III dan lensa G Master FE 300mm F2.8 GM OSS


 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024