Jakarta (ANTARA) - Musisi pop-R&B bernama panggung JESENN merilis secara resmi karya musik terbarunya yang diberi judul "Bahagia Ya Kamu" di seluruh digital streaming platform (DSP). 

Musisi dengan pemilik nama asli Jason Gunawan ini semakin mengukuhkan konsistensi dan tumbuh kembangnya di skena musik pop Indonesia, kali ini dengan cara menyuguhkan sisi dirinya yang lebih kelu dan rapuh.

"Aku mengawali penulisan lagu ini tepat seminggu setelah aku berpisah dengan pasangan aku. Kemudian, aku mendapati sebuah kalimat pertanyaan, 'Kapan, ya, langit bisa kembali biru?' dan tiba-tiba aku langsung bisa melihat kerangka dan mood dari lagu yang hendak aku ciptakan tersebut. Bisa dibilang, 'kesenduan' menjadi benang merah yang menyatukan seluruh penggalan lirik dan bait yang menyusun lagu 'bahagia ya kamu' ini,” kata Jason melalui keterangan tertulis yang diterima, Rabu.

Baca juga: Kerispatih rilis single terbaru "Pesan Rindu" untuk mendiang sahabat

Sebuah balada yang berdurasi 3 menit dan 57 detik ini hampir sepenuhnya diisi oleh piano tunggal dan tekstur vokal JESENN yang teramat jernih, sebelum kemudian mencapai klimaks emosionalnya di bait terakhir.

Dikemas sebagai dialog kontemplasi antara JESENN dan sosok masa lalu yang tidak lagi menjadi bagian dalam hidupnya, "bahagia ya kamu" melukiskan kegetiran, keengganan, lalu, pada akhirnya, keikhlasan.

Menurut JESENN, yang turut ambil andil sebagai penulis tunggal untuk lagu terbarunya tersebut, "Bahagia Ya Kamu" terinspirasi dari sebuah luka hati yang, kala itu, masih sangatlah segar di benak sang musisi berusia 26 tahun tersebut.

Baca juga: Lesti Kejora dan Mom Uung rilis lagu bertema perjuangan ibu menyusui

Menggarap sebuah karya musik yang sangat personal sekaligus autobiografis tidak pernah mudah, terlebih mengingat inspirasi lagu tersebut merupakan seseorang yang sempat singgah dalam hidup JESENN dalam waktu yang cukup lama.

"Lagu ini sangatlah real. Bahkan, kalau kalian jeli, mungkin dari lirik lagu 'bahagia ya kamu' ini kalian bisa menebak nama seseorang yang menginspirasi lagu ini. Tidak ada yang dibuat-dibuat di lirik lagu ini. Itulah mengapa aku sangat bersyukur Dimas Wibisana bersedia untuk menjadi produser musik untuk laguku ini. Aku rasa dibutuhkan mata dan telinga yang jeli untuk bisa mengubah kisah personal yang cukup spesifik ini menjadi sebuah narasi puitis yang universal,” ungkapnya.

Baca juga: Citra Scholastika rilis lagu spesial untuk film “Layangan Putus”

Balada "Bahagia Ya Kamu" ini juga menjadi momentum langka bagi JESENN, sang musisi pun memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan menulis lagu terbarunya ini seorang diri tanpa asistensi dari penulis lagu dari luar.

Menurut sang musisi, yang sebelumnya berkiprah secara independen ini, menulis lagu seorang diri juga menjadi wujud upayanya untuk bertumbuh sebagai seorang penggiat seni.

"Pertama, aku merasa aku sebaiknya menulis lagu ini sendirian karena aku yang paling mengetahui apa yang terjadi dan apa yang aku rasakan di balik lagu ini. Kedua, aku ingin menyampaikan sebuah pesan bagi dia yang menjadi inspirasi lagu ini. Aku berharap, entah sengaja atau tidak sengaja, dia bisa mendengarkan lagu ini dan memahami pesan yang hendak aku sampaikan kepadanya,” jelasnya.

Baca juga: D'Cinnamons rilis single "Ma.." untuk kenang sosok ibu

Baca juga: Wali rilis lagu "Fatimah" bernuansa Timur Tengah jadul

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024