Beijing (ANTARA/News) - Lebih dari 10.000 truk terutama yang mengangkut batu bara tidak bisa bergerak akibat kemacetan lalu litas lintas sepanjang 120km di wilayah China timur laut Mongolia Dalam, kekacauan yang dramatis yang terjadi di jalan-jalan negara itu.

Televisi pemerintah memberitakan jalan raya menuju Beijing dan provinsi tetangga, Hebei seperti tempat parkir mobil. Kemacetan mulai terjadi Selasa setelah pembatasan lalu lintas mulai diberlakukan di Hebei, katanya.

Sebagian besar kendaraan itu adalah truk batu bara, kata laporan itu, yang juga memblokir jalan pengumpan yang menuju jalan raya. Tetapi jalan yang lebih mendekati Hebei telah mulai bebas dari kemacetan, yang memberikan harapan para sopir untuk bergerak meninggalkan Mongolia Dalam, tambahnya.

China adalah produser penting batu bara dunia dan juga pemakai batu bara, yang membantu meningkatkn pertumbuhan ekonominya dalam tiga dasa warsa belakangan ini, dan Mongolia dalam memiliki cadangan besar batu bara.

Sepekan lalu pihak berwenang akhirnya membersihkan kemacetan 100km sebelumnya yang berlangsung selama sembilan jam.

Kendatipun China mengeluarkan miliaran dolar untuk prasarana seperti jalan raya dan jalur kereta api, negara itu masih berusaha untuk memenuhi tuntutan ekonominya yang meningkat dan kemacetan lalu lu lintas sudah merupakan hal yang biasa terjadi di negara itu.(*)

Reuters/H-RN/H-AK

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010