Palembang (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI asal Sumatera Selatan Hj Percha Herman Deru akan melakukan kunjungan ke daerah yang telah diusulkan ke DPR RI untuk pemekaran.

Memang ada rencana untuk mengunjungi sejumlah daerah yang telah diusulkan pemekarannya di Sumatera Selatan, katanya di Palembang, Kamis (2/9).

Di Sumatera Selatan ada daerah yang sudah disetujui DPRD provinsi setempat untuk diusulkan pemekarannya seperti Muratara dan Pali, katanya.

Menurut dia, memang telah ada rencana pihaknya dalam waktu dekat akan mengunjungi daerah yang telah diusulkan untuk dimekarkan tersebut.

Jadi, pihaknya berencana mengunjungi langsung daerah yang diusulkan pemekarannya Muratara dan Pali pada Oktober 2010, katanya.

Ia mengatakan, perkembangan usulan pemekaran wilayah itu pernah disampaikan kepada DPR RI periode 2004-2009, dan mereka meminta ketua forum untuk mengusulkan kembali kepada DPR RI periode sekarang ini.

Sementara kalau di DPD sendiri, pihaknya tidak mentah-mentah meminta diusulkan kembali, tetapi usulan yang sudah ada dikaji ulang, ujarnya.

Kalau memang datanya yang belum lengkap untuk dilengkapi terutama persyaratan administrasi, kata dia pula.

Ia juga menegaskan, kalau untuk evaluasi daerah pemekaran di Indonesia itu daerah yang umurnya tiga tahun ke atas.

Evaluasi itu tidak bisa disamakan, karena kondisi geografis daerah tersebut berbeda-beda ada bukit dan gunung, dan kalau di Sumatera Selatan masih bisa dilalui.

Akan tetapi, kalau di Kalimantan dan Sulawesi sepertinya kondisi daerahnya berat, demikian Dewan Perwakilan Daerah asal Sumatera Selatan.(*)

(ANT-038/M033/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010