Buol, Sulteng (ANTARA News) - Sebanyak 170 personel Brigadir Mobil atau satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang dikirim Mabes Polri untuk membantu pengamanan sudah tiba di Buol.

Pasukan polisi pilihan itu tiba di Buol pada Sabtu dini hari sekitar pukul 03.00 WITA.

"Mereka di kirim kemari untuk penambahan pengamanan," kata Kapolda Sulteng Brigjen Pol Mohammad Amin Saleh, di Buol.

Polisi berpakaian hitam-hitam itu diangkut dari Palu dengan menggunakan tujuh buah mobil bus dan tiga mobil truk milik polisi.

Pasukan tambahan sebanyak 170 personel dari Satuan 3 Pelopor Mabes Polri itu didatangkan dilengkapi dengan senjata lengkap.

Menurut Kapolda, pasukan tambahan itu dikirim ke Buol agar keamanan di kota tersebut semakin kondusif.

Brimob tambahan itu juga sekaligus menggantikan Brimob dari Kota Tolitoli yang sudah dua bulan bertugas pengamanan aksi unjuk rasa menurunkan Bupati di Buol beberapa bulan lalu.

Sebelumnya, satu SSK Brimob Polda Sulawesi Tengah juga telah diberangkatkan ke Kota Buol beberapa jam setelah insiden Buol berdarah pecah antara polisi dengan warga sipil.

Pengiriman pasukan Brimob itu juga didukung dengan satu unit "Barracuda" sebagai pendukung kendaraan operasional di lapangan.

Selain untuk pengamanan dan pengayoman masyarakat Buol pasca kerusuhan, Brimob itu juga akan ditugaskan melakukan pengamanan lebaran Idul Fitri.
(ANT-242/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010