Palu (ANTARA News) - Raja Buol Ibrahim Turungku, Kamis, mendesak Kepala Kepolisian Resor setempat AKBP Amin Litarso segera dimutasi dan dicarikan penggantinya.

"Untuk menghindari kerusuhan susulan Kapolres Buol AKBP Amin Litarso harus segera dimutasi dan tinggalkan wilayah kami," kata Raja Buol Ibrahim Turungku usai menyaksikan sidang disiplin salah seorang anggota Polres Buol di Mapolda Sulteng, Kamis (14/10).

Raja Ibrahim juga meminta 25 prajuritnya yang terlibat langsung dalam kerusuhan berdarah sehingga delapan warga tewas tertembak itu, juga diadili.

Raja mengaku pernah menyampaikan tuntutan sama dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat di wilayah itu, namun belum membuahkan hasil karena hingga Amin Litarso masih juga menjabat kapolres wilayah itu.

"Kami sudah tegaskan kepada bapak Kapolda Amin Saleh agar Kapolres Amin Litarso segera tinggalkan Buol, tetapi sampai sekarang tidak ada tanggapan, buktinya sampai hari ini Kapolres masih menjabat," desaknya.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Harian Kabid Humas Polda Kompol Kahar Muzakkir mengatakan, mutasi Kapolres membutuhkan proses dan waktu panjang, apalagi jika dia tidak terbukti melakukan pelanggaran.

Namun begitu, lanjut Kahar, Polda tetap menampung segala masukan dari masyarakat.(*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010