Tolitoli (ANTARA News) - Dua hari menjelang lebaran peredaran atau siklus transaksi pada PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Tolitoli, Sulawesi Tengah, menembus hingga Rp1 miliar per hari.

Menurut Pimpinan Cabang BNI Tolitoli, Sahrul, pada hari Rabu, nilai tersebut meningkat dibandingkan bulan lalu yang hanya berkisar ratusan juta rupiah. "Arus transaksi saat ini membludak," katanya.

Ia menjelaskan, transaksi menjelang lebaran dan libur bulan ini melonjak sekitar 30 persen dibanding kondisi normal.

Menurut Sahrul, sepekan terakhir ini transaksi kas arus keluar pada bank milik pemerintah itu sudah mencapai Rp3 Miliar. Jelang lebaran tahun ini pihaknya telah menyediakan uang tunai sekitar Rp7 miliar.

"Uang tunai transaksi terbesar kita siapkan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM)," tuturnya.

Dalam penjelasannya, angka permintaan trnasaksi keluar untuk uang tunai itu paling banyak terjadi di ATM. Jumlah ini belum mencapai puncak lonjakan karena diperkirakan transaksi akan terus meningkat hingga H-1 jelang lebaran.

Ia memprediksi pada puncaknya nanti perputaran uang di BNI Tolitoli akan tembus lebih dari Rp 1Miliar atau melonjak hingga 80 persen.

Tingginya transaksi juga diimbangi naiknya jumlah pengunjung. Memasuki H-2 lebaran tingkat kunjungan nasabah melonjak dari kondisi normal. Saat ini jumlah keseluruhan nasabah mencapai 8000 orang yang tersebar di seluruh Kabupaten Tolitoli.

Pihaknya akan kembali menyediakan uang tunai miliaran rupiah menjelang libur natal dan tahun baru. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai ada keluhan dari masyarakat Tolitoli terkait kebutuhan uang tunai tersebut.
(T.ANT-242/S004/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010