Gunung Kidul (ANTARA News) - Polisi membantu mengurai kemacetan arus lalu lintas akibat terjadi kecelakaan lalu lintas antara sepeda motor dengan mobil di ruas jalan Wonosari- Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul,Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu.

Saksi mata Tris Pakel, di Mulo, Wonosari, mengatakan kecelakaan terjadi pada saat arus lalu lintas dari arah pantai selatan Gunung Kidul sangat padat.

"Kecelakaan terjadi sekitar pukul 17.15 WIB ketika arus lalu lintas sedang ramai dipenuhi wisatawan yang sedang pulang dari berlibur di kawasan pantai selatan sehingga mengakibatkan kemacetan sampai desa Karangasem sepanjang dua kilometer," katanya.

Dia mengatakan kecelakaan terjadi ketika sepeda motor Honda Astrea dengan nomor polisi AB 4064 FD yang dikendarai oleh Heri (19) berboncengan dengan Puji (17) dari arah selatan menuju Kota Wonosari berusaha menghindari mobil sedan di depannya yang mengerem secara mendadak dengan membanting stir ke kanan.

Namun dari arah berlawanan datang sebuah mobil toyota Avanza dengan nomor polisi D 1623 MF yang dikendarai oleh Fredi (35) warga Bandung, Jawa Barat, karena jarak yang terlalu dekat akhirnya terjadi kecelakaan tersebut, katannya.

Dari kecelakaan tersebut, salah satu pengendara sepeda motor mengalami luka di dahi sehingga harus dijahit dan mendapat perawatan intensif oleh tenaga medis karena diperkirakan mengalami gegar otak ringan.Sedangkan pengemudi mobil tidak mengalami luka.

"Kecelakaan tepat berada di depan Balai Pengobatan Cipta Husada, di Jalan Baron kilometer 5, sehingga korban langsung mendapat perawatan medis," katanya.

Sementara itu, perawat dari BP. Cipta Husada, Yanti, mengatakan luka yang diderita pengendara sepeda motor di dahi harus dijahit serta ada tanda-tanda mengalami gegar otak ringan.

"Untuk pertolongan pertama, luka korban akan kami jahit dan korban merasakan pusing kemungkinan ada gegar otak ringan. Sedangkan yang membonceng hanya mengalami luka memar dan keseleo," katanya.

Sedangkan relawan PMI Cabang Gunung Kidul yang datang sekitar 30 menit setelah terjadi kecelakaan, Tutik, mengatakan korban kecelakaan lalu lintas pada saat Lebaran akan mendapat perawatan pertolongan pertama gratis dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari untuk mendapat pertolongan secara intensif.

"Kami yang sedang berjaga di Pos Kesehatan di Pantai Baron ketika mendengar ada kecelakaan lalu lintas langsung kemari untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, kemudian merujuk dan membawa korban ke RSUD Wonosari untuk mendapat pertolongan secara intensif ketika memerlukan," katanya. (ANT-159/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010