Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persipura Jacksen Tiago menegaskan bahwa pencoretan pemain yang dinilai indisipliner dari skuadnya dilakukan karena perbuatannya berdampak buruk bagi tim.

"Dampaknya kepada tim sangat negatif sekali," ujar Jacksen dalam konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Adapun pemain yang dikeluarkan dari tim oleh Jacksen pada Sabtu (5/6) adalah Josse Maniagasi.

Jacksen Tiago menyebut bahwa Josse melakukan tindakan di luar aturan persis satu malam sebelum laga uji coba kontra Persik, Sabtu (5/6), di Malang.

Sejatinya, ada dua pemain lain yang terlibat dalam perbuatan tersebut. Akan tetapi, dua pemain yang tak disebutkan namanya itu dimaafkan lantaran performa mereka di lapangan dinilai baik.

"Jadi ada faktor teknis juga. Yang bersangkutan (Josse-red), tidak menunjukkan peningkatan di tim. Namun, dua pemain lain masih kami beri kesempatan karena masih dibutuhkan di skuad," kata Jacksen.

Baca juga: Jacksen: Fisik dua pemain asing Persipura masih ketinggalan
Baca juga: Jacksen nilai performa Persipura belum sesuai harapan jelang Piala AFC


Sementara pemain muda Persipura Joshua Isir menegaskan bahwa pencoretan rekannya dari tim menjadi pelajaran untuk semua personel Persipura.

Menurut Joshua, itu merupakan peringatan agar setiap pemain Persipura menjaga nama baik tim di mana pun mereka berada.

"Kami harus menghindari hal-hal seperti itu agar menjadi sosok yang lebih baik untuk Persipura dan Indonesia," tutur dia.

Terdekat, Persipura akan berlaga di Piala AFC 2021. Tim Mutiara Hitam, yang bergabung di Grup H bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura) dan Saigon FC (Vietnam), dijadwalkan berlaga pada 29 Juni-5 Juli 2021.

Setelah itu, Persipura mengarungi Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 yang rencananya bergulir mulai 10 Juli 2021 sampai Maret 2022.

Baca juga: Jacksen: Persipura siap arungi Piala AFC 2021 di mana saja
Baca juga: Sudirman: Fisik pemain Persija masih 60-70 persen
Baca juga: LIB pastikan Liga 1 musim 2021-2022 mulai 10 Juli

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021