Serang (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menjamin Perairan Merak-Bakauheni relatif aman bagi pelayaran kapal roll on roll of (roro) dan kapal cepat.

"Selama beberapa hari ke depan kondisi Perairan Merak-Bakauheni relatif normal," kata Yanti, seorang pengamat cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Banten, Selasa.

Yanti mengatakan, prakiraan tinggi gelombang Banten bagian utara yakni Perairan Merak-Bakauheni berkisar 1,0-1,5 meter dengan jarak pandang 3-6 meter.

Gelombang bergerak dari arah tenggara dan tiupan angin barat daya dengan kecepatan mencapai 10 knot atau 20 kilometer.

Karena itu, pihaknya menjamin pelayaran kapal roro dan kapal cepat dinyatakan aman.

"Saya kira cuaca Selat Sunda hingga Perairan Merak-Bakauheni relatif normal bagi pelayaran kapal roro dan kapal cepat," ujarnya.

Dia juga mengatakan, cuaca berawan dan berpeluang hujan terjadi sore hingga malam hari di Selat Sunda bagian utara Merak-Bakauheni.

Selain itu suhu pada siang hari di Merak berkisar antara 23-31 derajat Celcius.

Sementara itu, Manager Operasi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebarangan Cabang Pelabuhan Merak Endin Juhaendi mengatakan arus balik Lebaran yang menggunakan kapal roro dan kapal cepat Merak-Bakauheni normal dan seperti biasa.

"Hari ini kapal roro yang beroperasi sebanyak 25 unit dan kapal cepat dua unit," katanya.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010