Medan (ANTARA News) - Setelah menutup seluruh rute ke wilayah Medan dan sekitarnya pada 30 Agustus 2010 menyusul meletusnya Gunung Sinabung (29/8), Susi Air mengoperasikan lagi penerbangan ke jalur itu mulai Kamis (16/9).

Salah seorang staf penjualan tiket maskapai penerbangan Susi Air, Amel, di Medan, Rabu, mengatakan, setelah melihat asap dan debu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Sinabung surut, maskapai itu memutuskan seluruh pesawat beroperasi seperti biasa lagi.

"Seluruh rute penerbangan akan dibuka kembali besok," katanya.

Ia menjelaskan asap dan debu vulkanik yang sempat menghambat penerbangan, kini tidak lagi menghalangi dan menyulitkan pilot ketika pesawat itu melintasi kawasan sekitar gunung.

Sebelumnya, seluruh jalur penerbangan Susi Air untuk wilayah Medan dan sekitarnya terpaksa ditutup menyusul semburan asap hitam tebal Gunung Sinabung, Desa Mardinding, Kecamatan Payung, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, pada Minggu (29/8) dini hari.

Adapun jalur penerbangan yang ditutup dua minggu terakhir ini, yakni keberangkatan dari Medan ke Semeuleu, Meulaboh, dan menuju Kabupaten Blangpidie.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menutup jalur penerbangan dari Medan menuju Kotacane, Sibolga, Aek Godang, Silangit, dan sebaliknya.(*)

ANT/D007

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010