Yogyakarta gencarkan vaksinasi COVID-19 massal percepat capai target

Yogyakarta gencarkan vaksinasi COVID-19 massal percepat capai target

Petugas kemanan mengikuti vaksinasi di Universitas Kristen Duta Wacana, Gondokusuman, Yogyakarta, Kamis (10/6/2021). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.

Yogyakarta (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta menggencarkan vaksinasi massal sehingga diharapkan kapasitas harian meningkat menjadi lebih dari 2.000 dosis untuk percepatan capaian target.

"Vaksinasi secara regular dilakukan di 18 puskesmas, 13 rumah sakit dan satu klinik. Total kapasitasnya sekitar 2.000 suntikan per hari," kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Sabtu.

Oleh karenanya, lanjut Heroe, untuk meningkatkan kapasitas vaksinasi sehingga mempercepat capaian target, dilakukan dengan menggelar kegiatan vaksinasi massal.

Kegiatan vaksinasi massal tersebut, katanya, biasanya diselenggarkan oleh tim gabungan dari puskesmas, rumah sakit, dan klinik.

Dari satu kegiatan vaksinasi massal, menurut Heroe, bisa dilakukan vaksinasi untuk sekitar 900 hingga 1.000 orang sasaran. "Misalnya pada Jumat (11/6) dilakukan vaksinasi massal di GL Zoo dan di lokasi lain. Capaiannya bisa mencapai 1.500 dosis," katanya.

Dengan demikian, target untuk menuntaskan vaksinasi kepada warga lanjut usia (lansia) berusia lebih dari 60 tahun serta pralansia atau berusia lebih dari 50 tahun bisa diselesaikan pada akhir Juni.

"Termasuk di dalamnya adalah vaksinasi untuk tokoh masyarakat, tokoh agama dan relawan yang selama ini membantu penanganan COVID-19 di wilayah," katanya.

Di Kota Yogyakarta, vaksinasi juga sudah menginjak ke kelompok di luar kelompok umur prioritas tersebut, meski masih dilakukan secara selektif.

"Kami juga sedang mengidentifikasi penerima vaksin berdasarkan kartu keluarga (KK) untuk mengetahui seberapa banyak warga Kota Yogyakarta dan warga luar Kota Yogyakarta yang sudah menerima vaksin," katanya.

Proses identifikasi tersebut diharapkan dapat dilakukan secepatnya untuk memastikan capaian vaksinasi bagi warga Kota Yogyakarta karena selama ini pemberian vaksin COVID-19 tidak didasarkan pada kependudukan atau domisili.

Hingga saat ini, Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta mencatat sudah melakukan vaksinasi kepada lebih dari 120.000 orang untuk suntikan pertama.

"Vaksinasi ini bisa mencegah timbulnya gejala yang lebih berat apabila ada warga yang terpapar COVID-19," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah mengatakan dalam satu pekan terakhir sudah dilakukan beberapa kegiatan vaksinasi massal yaitu di Kecamatan Pakualaman, Ngampilan, Kotagede, Mergangsan, dan Umbulharjo untuk selanjutnya dilakukan di Mantrijeron.

Kegiatan vaksinasi massal ditujukan kepada lansia dan pralansia serta masyarakat pelayan publik lain di wilayah termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus RT/RW serta PKK.

“Pemberian vaksin ke lansia sudah mencapai sekitar 75 persen. Kendala vaksinasi ke lansia biasanya adalah kondisi kesehatan mereka tidak memenuhi syarat menerima vaksin seperti darah tinggi dan komorbid lain,” katanya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bahu membahu kejar kekebalan kelompok melalui vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar