Paris (ANTARA News) - Pemain tengah Joe Cole mencetak gol tercepat dalam sejarah Liverpool, yaitu pada detik ke-25 untuk mengantar timnya menang 4-1 atas Steaua Bucharest dalam babak kualifikasi grup Liga Europa di Stadion Anfield, Jumat WIB.

Pada pertandingan lain, klub Inggris lainnya, yaitu Manchester City juga menikmati kemenangan dengan skor 2-0 atas Red Bull Salzburg, sebagaimana dikutip dari AFP.

Namun nasib sial dialami tim papan atas Italia, Juventus yang dipaksa bermain imbang 3-3 oleh tim tamu yang tidak terkenal asal Polandia, Lech Poznan.

Gol yang dicetak oleh Cole, pemain tim nasional Inggris, adalah untuk yang pertama bagi Liverpool sejak pindah dari Chelsea pada musim panas lalu.

Tim tamu berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-13 melalui Cristian Tanase.

Dua gol yang dicetak David Ngog membuat Liverpool unggul 3-1 dan pemain pengganti Luca akhirnya melengkapi kemenangan tim asuhan pelatih Roy Hodgson tersebut menjadi 4-1.

"Kami membuat keputusan penting dan untuk alasan yang tetap," kata Hodgson mengomentari delapan pergantian pemain yang dilakukannya, berbeda dengan susunan saat ditahan imbang 0-0 oleh Birmingham pada pertandingan liga domestik akhir pekan lalu.

"Saya tidak meragukan kenyataan bahwa kami punya banyak pemain yang juga harus mengikuti pertandingan membela tim nasional. Inilah saatnya untuk memberikan waktu istirahat kepada mereka, sekaligus mempersiapkan diri menghadapi Manchester United, Minggu di liga Inggris," katanya mengomentari diistirahatkannya Fernando Torres dan Steven Gerrard.

Sementara itu David Silva mencetak gol pertamanya untuk Manchester City sejak direkrut dari Valencia dengan nilai kontrak 30 juta ero.

Gol yang terjadi pada menit kedelapan itu lahir berkat umpan dari Jo, penyerang asal Brazil yang pada menit ke-63 menambah keunggulan Manchester City menjadi 2-0.

Vincent Kompany, pemain bertahan City yang berasal dari Belgia mengatakan bahwa ia sudah memperkirakan bahwa Silva akan segera mencetak gol.

"Ia adalah pemain yang luar biasa dan seperti pemain asing lainnya, ia memang membutuhkan waktu lebih banyak untuk beradaptasi di Liga Utama Inggris," kata Kompany.

"Kami tahu bahwa ia adalah pemain hebat sejak saat berlatih. Ia akan menjadi pemain yang penting bagi kami pada musim kompetisi musim ini," katanya menambahkan.

City berada di penyisihan Grup A bersama Juventus, mantan juara dua kali Liga Champions yang pada pertandingan lainnya mendapat perlawanan ketat sehingga harus puas bermain imbang 3-3 dengan Poznan asal Polandia.

Meski bermain di kandang lawan, Poznan sama sekali tidak memperlihatkan rasa gentar dan bahkan mereka membuat pendukung Juventus terdiam karena unggul lebih dulu 2-0 dalam 30 menit pertama melalui gol Artjoms Rudnevs, penyerang asal Latvia.

Tuan rumah Juventus berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Giorgio Chiellini.

Pemain veteran Alessandro Del Piero mencetak gol pada menit ke-68 untuk menjadikan Juventus berbalik unggul 3-2. Bagi Del Piero, gol tersebut adalah yang ke-52 sepanjang karirnya di kompetisi tingkat Eropa.

Tapi Rudnevs menghancurkan harapan Juventus untuk meraih angka kemenangan dengan mencetak gol pada menit-menit terakhir untuk menjadikan skor imbang 3-3, dan sekaligus mencetak hattrik pada pertandingan itu.

Sementara itu juara bertahan Atletico Madrid menelan kekalahan 0-0 dari tuan rumah Aris Salonika melalui gol tunggal asal Spanyol, Juvito pada menit ke-60.

Kemenangan itu memperpanjang rekor Aris yang tidak pernah terkalahkan jika bermain di kandang di kompetisi Eropa, yaitu total 22 pertandingan.

Berikut hasil lengkap pertandingan:

Grup A

Salzburg 0 Manchester City 2

Juventus 3 Lech Poznan 3

Grup B

Aris Salonika 1 Atletico Madrid 0

Bayer Leverkusen 4 Rosenborg Trondheim 0

Grup C

Lille 1 Sporting 2

Levski Sofia 3 Ghent 2

Grup D

Dinamo Zagreb 2 Villarreal 0

Club Bruges 1 PAOK Salonika 1

Grup E

AZ Alkmaar 2 Sheriff Tiraspol 1

Dynamo Kiev 2 BATE Borisov 2

Grup F

Sparta Prague 3 Palermo 2

FC Lausanne-Sport 0 CSKA Moscow 3

Grup G

Anderlecht 1 Zenit St Petersburg 3

AEK Athens 3 Hajduk Split 1

Grup H

VfB Stuttgart 3 Youngs Boys 0

Getafe 2 OB Odense 1

Grup I

Debrecen 0 Metalist Kharkiv 5

PSV Eindhoven 1 Sampdoria 1

Grup J

Karpaty Lviv 3 Borussia Dortmund 4

Sevilla 0 Paris St Germain 1

Grup K

Napoli 0 Utrecht 0

Liverpool 4 Steaua Bucharest 1

Grup L

Besiktas 1 CSKA Sofia 0

Porto 3 Rapid Vienna 0
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010