Pemkot Ambon terima penghargaan Nirwasita Tantra

Pemkot Ambon terima penghargaan Nirwasita Tantra

Pemerintah Kota (Pemkot) dan DPRD Kota Ambon menerima penghargaan Nirwasita Tantra dan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2020 kategori kota sedang, di Jakarta, Selasa (15/6). ANTARA/HO-Humas Kota Ambon

Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) dan DPRD Kota Ambon menerima penghargaan Nirwasita Tantra dan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2020 kategori kota sedang.

Penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya kepada Wali Kota Richard Louhenapessy di Jakarta, Selasa.

Nirwasita tantra merupakan penghargaan untuk kepala daerah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di setiap daerahnya.

Sementara Green Leadership Nirwasita Tantra diberikan kepada Ketua DPRD dengan kepedulian yang sama.

Baca juga: Menteri LHK apresiasi inovasi pemda selesaikan isu-isu lingkungan
Baca juga: KLHK berikan penghargaan kepada pemimpin daerah pro-lingkungan


Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dalam sambutannya menyampaikan, pemberian penghargaan merupakan rangkaian acara Hari Lingkungan Hidup pada 5 Juni 2021 dengan tema restorasi ekosistem.

Penghargaan ini katanya, merupakan sebuah proses panjang, yang dilakukan dengan tahapan ketat serta melalui penilaian dari tim juri yang independen.

Hal ini juga bentuk apresiasi pemerintah kepada kepala daerah dan ketua DPRD atas aktualisasi kepemimpinan green dan deep green baik legislatif maupun eksekutif, dalam program kerja, dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, guna perbaiki lingkungan hidup dan kelestarian lingkungan di wilayah masing-masing.

Sekretaris Jenderal Kementerian LHK, Bambang Hendroyono menyampaikan, penilaian bagi kepala daerah dan ketua DPRD penerima penghargaan, dilaksanakan dalam beberapa tahapan antara lain, pentapisan awal, analisa isu prioritas dan penilaian oleh tim independen, serta juga wawancara tim dengan kepala daerah.

Tahap awal sebanyak 224 Dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup (DIK-LH) yang dikirim 21 provinsi, 57 kota dan 146 kabupaten

Setelah melalui tahapan seleksi, maka terpilih tiga besar untuk provinsi, dan tiga besar untuk DPRD provinsi.

Sementara untuk Kabupaten/Kota, terbagi tiga kategori yakni kabupaten besar, kabupaten sedang dan kabupaten kecil serta kota besar, kota sedang dan kota kecil.

Baca juga: Lumajang raih penghargaan DIKPLHD terbaik se-Jatim
Baca juga: Buleleng raih penghargaan nasional lingkungan hidup


Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas penganugerahan yang diberikan kepada Kota Ambon.

"Ini adalah penghargaan dari pemerintah khususnya Kementerian LHK kepada warga kota Ambon. Dan ini akan menjadikan Ambon untuk terus berpacu dalam menjaga lingkungan dan melestarikannya untuk generasi ke depan," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi terima penghargaan Proklim Kementerian LHK
Baca juga: Pemkab Pati terima penghargaan program kampung iklim


Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkot dan DPRD Kota Ambon raih penghargaan Nirwasita Tantra KLH

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar